Siregar, Rista Nada (2025) Analisis Strategi Branding Phenom Event Indonesia dalam Bisnis MICE di Provinsi Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (315kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (481kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (350kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan industri pariwisata dalam sektor MICE di Provinsi Bali, khususnya dalam penyelenggaraan Event Organizer di Provinsi Bali yang mengalami peningkatan pesat. Hal ini dikarenakan Event Organizer merupakan penyelenggara acara yang efisien dan terstruktur yang menjadi pilihan banyak para mitra perusahaan untuk menyelenggarakan sebuah acara yang sukses. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi branding di Phenom Event Indonesia secara teknis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terpusat, dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah tiga staf divisi tim marketing, satu di antaranya yaitu koordinator sales marketing atau kepala bagian divisi dan yang lainnya merupakan dua staf anggota. Penelitian ini membahas fokus untuk menganalisis strategi branding yang mencakup Unique Selling Point (USP), Brand Image (BI), dan Brand Awareness (BA), dan Analisis SWOC (Strenght, Weakness, Opportunities, Challenge). Hasil penelitian menunjukkan Phenom Event Indonesia menerapkan kebaruan dalam meningkatkan strategi brandingnya dalam membangun keunggulan kompetitif melalui USP yang menekankan layanan terpadu, pendekatan humanis, dan pemberdayaan peserta untuk menciptakan pengalaman acara yang bermakna. BI diperkuat dengan positioning sebagai mitra strategis yang berfokus pada pengembangan individu serta konsistensi layanan dan komunikasi visual. BA dilakukan secara berkelanjutan melalui optimalisasi media digital, evaluasi pasca-acara, dan strategi keterlibatan yang adaptif terhadap dinamika industri Event Organizer. Analisis SWOC yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan Phenom Event Indonesia saling mendukung dalam merumuskan strategi pengembangan branding yang adaptif dan relevan dalam industri MICE di Provinsi Bali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | MICE, Event Organizer, strategi branding, Unique Selling Point | ||||||
Subjects: | 580 - Rumpun Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora > 620 - Humaniora > 699 - Kepariwisataan | ||||||
Divisions: | Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D4 Destinasi Pariwisata > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Rista Nada Siregar | ||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2025 05:53 | ||||||
Last Modified: | 29 Jul 2025 05:54 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/43618 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |