Game Edukasi Materi Dasar Tajwid Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android

Afni, Mey Nur (2025) Game Edukasi Materi Dasar Tajwid Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (337kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (991kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (644kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dan menyenangkan dalam bentuk game edukasi guna meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar terutama pada ilmu tajwid. Materi yang disampaikan meliputi huruf hijaiyah, harakat, huruf hijaiyah bersambung, makharijul huruf, hukum mad, qalqalah, gunnah, hukum nun sukun atau tanwin, mim sukun, serta tafkhim dan tarqiq. Pengengbangan game ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari enam tahapan yaitu initiation, pre-production, production, testing, beda, dan release. Aplikasi dibangun dengan game engine Unity 2D dan Bahasa pemrograman C#. Fitur utama yang terdapat pada game meliputi pre-tes, post-tes, materi pembelajaran dengan teks dan audio, gameplay berbasis level (10 level), serta menu informasi, pengaturan, petunjuk, history skor, dan keluar. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh fitur dalam game berjalan dengan baik dan sesuai dengan perancangan. Pengujian alpha dilakukan secara internal menggunakan metode black box, sedangkan pengujian beta melibatkan 38 responden yang terdiri dari siswa sekolah dasar dan masyarakat umum. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna yang tinggi, dengan rata-rata persentase diatas 90%. Ini membuktikan bahwa game edukasi mudah digunakan, menarik, dan efektif dalam membantu siswa memahami tajwid. Dengan demikian, game edukasi ini dapat menjadi solusi pembelajaran alternatif yang lebih menyenangkan dan fleksibel bagi siswa sekolah dasar, serta dapat menjadi media bantu pembelajaran guru dalam penyampaian materi tajwid secara menarik dan interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAfriansyah, Fasial Luthfi0029049102
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Tajwid, Ilmu Tajwid Dasar, Android, Unity 2D, GDLC, Game Edukasi Islam
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Mey Nur Afni
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:13
Last Modified: 01 Jul 2025 08:13
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/42764

Actions (login required)

View Item View Item