Analisis Variasi Dimensi Velocity Stack Intake Terhadap Performa dan Emisi Gas Buang Pada Mesin 4 Langkah 150 cc Fuel Injection

Nuruddin Al Blitary, Muhammad Zainul Hasan (2025) Analisis Variasi Dimensi Velocity Stack Intake Terhadap Performa dan Emisi Gas Buang Pada Mesin 4 Langkah 150 cc Fuel Injection. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstact)
Abstract .pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (170kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (48kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (120kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi panjang velocity stack terhadap performa dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda Supra GTR 150. Tiga variasi panjang yang digunakan adalah 35 mm, 55 mm, dan 75 mm, dibandingkan dengan sistem intake standar. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan velocity stack dapat meningkatkan performa mesin. Velocity stack 75 mm menghasilkan daya tertinggi sebesar 18,38 HP pada 10.000 rpm, lebih tinggi dibandingkan intake standar yang hanya mencapai 13,93 HP. Sementara itu, intake standar menghasilkan torsi sebesar 13,62 Nm pada 7.000 rpm, namun konfigurasi velocity stack memberikan torsi puncak pada putaran yang lebih tinggi. Dalam pengujian emisi, velocity stack 35 mm menunjukkan hasil terbaik dengan CO sebesar 1,78% dan HC sebesar 392 ppm, yang berada di bawah ambang batas emisi yang ditetapkan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variasi panjang velocity stack berpengaruh terhadap efisiensi pembakaran dan performa mesin, serta dapat membantu menurunkan emisi gas buang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNugroho, Wrndy TriadjiNIDN197501262006041001
Uncontrolled Keywords: Velocity stack, intake standar, performa mesin, emisi gas buang, fuel injecton.
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Zainul Hasan Nuruddin Al Blitary
Date Deposited: 18 Jun 2025 04:07
Last Modified: 18 Jun 2025 04:07
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/42029

Actions (login required)

View Item View Item