Strategi Pemasaran Roti Produksi Industri Rumah Tangga Ar-Roudhoh Bakery di Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember

Aziz, Ahmad Habibul (2025) Strategi Pemasaran Roti Produksi Industri Rumah Tangga Ar-Roudhoh Bakery di Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (306kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (921kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Ar-Roudhoh Bakery merupakan sebuah industri rumah tangga yang bergerak dalam bidang Food and Beverage (F&B) yang ada di Kabupaten Jember. Usaha ini memiliki gerai yang berlokasi di Jalan PB Sudirman nomor 30A, Desa Ajung, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember. Masih terdapat beberapa masalah yang ditemui di usaha ini, diantaranya yaitu usaha ini tidak melakukan promosi yang masif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman (treaths) strategi pemasaran Industri Rumah Tangga Ar-Roudhoh Bakery di Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember (2) Merumuskan strategi alternatif pemasaran yang tepat pada Industri Rumah Tangga Ar-Roudhoh Bakery di Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember (3) Menentukan strategi prioritas pemasaran yang tepat pada Industri Rumah Tangga Ar-Roudhoh Bakery di Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember. Metode yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner serta analisis data menggunakan Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SPACE, selanjutnya dikembangkan dengan Matriks SWOT dan penentuan prioritas strategi menggunakan Matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan berada pada posisi sel V dalam matriks IE (menjaga dan mempertahankan). Hasil Matriks SPACE menunjukkan perusahaan harus menjalankan strategi agresif. Hasil analisis SWOT didapatkan 7 alternatif strategi yang digunakan perusahaan sebagai landasan acuan dalam menjalankan kegiatan pemasaran. Sedangkan hasil analisis QSPM didapatkan 7 prioritas dan terdapat satu prioritas strategi yaitu, meningkatkan citra merek dengan mengedepankan kualitas bahan baku dan keterjangkauan harga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKurniawan, Bagus Putu YudhiaNIDN0002106901
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, bakery, SWOT, QSPM
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > Tugas Akhir
Depositing User: Ahmad Habibul Aziz
Date Deposited: 17 Jun 2025 03:06
Last Modified: 17 Jun 2025 03:07
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/41932

Actions (login required)

View Item View Item