Implementasi Yolo v8 Pada Aplikasi Edukasi Aksara Jawa

Habibie, Bachtiar Arya (2025) Implementasi Yolo v8 Pada Aplikasi Edukasi Aksara Jawa. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan / Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (193kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (209kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (187kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap Bachtiar Arya Habibie.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengatasi kurangnya media pembelajaran interaktif untuk aksara Jawa dengan mengembangkan game edukasi berbasis visi komputer menggunakan model YOLO v8. Metodologi meliputi perancangan sistem, pengumpulan tiga dataset—utama (3.000 sampel), sekunder (250 sampel), dan campuran (3.250 sampel)—dan pelatihan YOLO v8 secara terpisah untuk menganalisis pengaruh jenis data terhadap deteksi. Hasil menunjukkan YOLO v8 efektif mendeteksi aksara Jawa, dengan model pada dataset utama dan campuran menunjukkan performa terbaik (presisi, recall, mAP > 99%), sedangkan dataset sekunder sedikit lebih rendah (presisi 96%, recall 97%, mAP 98%), menegaskan pentingnya kuantitas dan distribusi data. Pengujian white-box menunjukkan aplikasi berjalan efisien (waktu eksekusi 0–2 detik tanpa kesalahan), pengujian black-box memastikan semua fungsi terpenuhi, dan UAT mencatat tingkat kepuasan pengguna rata-rata 90,71%. Disimpulkan implementasi YOLO v8 berhasil meningkatkan minat dan efektivitas pembelajaran aksara Jawa, dengan rekomendasi pengembangan dataset lebih luas, optimasi untuk perangkat mobile, dan penambahan fitur gamifikasi yang lebih kompleks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorArifianto, Aji SetoNIDN0028118502
Uncontrolled Keywords: YOLO v8, Game Edukasi, Aksara Jawa, Computer Vision, Machine Learning
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 463 - Teknik Perangkat Lunak
500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 510 - Ilmu Sastra (dan Bahasa) Indonesia dan Daerah > 511 - Sastra (dan Bahasa) Daerah (Jawa, Sunda, Batak Dll)
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 740 - Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra > 748 - Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Jawa
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 780 - Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan > 786 - Pendidikan Teknik Informatika
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 790 - Ilmu Pendidikan > 798 - Teknologi Pendidikan
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Bachtiar Arya Habibie
Date Deposited: 18 Jun 2025 02:38
Last Modified: 18 Jun 2025 02:39
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/41643

Actions (login required)

View Item View Item