Mustafa, Faqih (2025) Analisis Sentimen Terhadap Review Aplikasi JConnect Di Google Play Store Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Undergraduate thesis, Politeknik Negari Jember.
![]() |
Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (474kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (679kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Kemajuan teknologi dan meningkatnya akses internet telah mendorong perkembangan layanan perbankan digital, termasuk aplikasi JConnect yang dikembangkan oleh Bank Jatim. Meskipun aplikasi ini telah berhasil mencapai 1 juta instalasi, peringkatnya tetap berada di 3.4, yang mencerminkan ketidakpuasan pengguna. Untuk memahami lebih dalam perspektif pengguna, penelitian ini melakukan analisis sentimen terhadap ulasan yang dibagikan di Google Play Store menggunakan algoritma Naïve Bayes. Metodologi yang diterapkan mencakup pengumpulan data ulasan, pre-processing teks (pembersihan, case folding, tokenisasi, normalisasi, penghapusan stopword, dan Stemming), serta pembobotan kata menggunakan TF-IDF. Selanjutnya, klasifikasi sentimen dilakukan ke dalam dua kategori, positif dan negatif, menggunakan model Multinomial Naïve Bayes yang dilatih dengan 80% data dan diuji dengan 20% data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pengguna memberikan sentimen negatif terhadap aplikasi JConnect, dengan model Naïve Bayes mencapai tingkat akurasi sebesar 84%, serta precision sebesar 99% untuk sentimen negatif dan 16% untuk sentimen positif. Namun, model masih mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi sentimen positif, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai recall yang lebih rendah untuk kategori positif (83%) dibandingkan dengan kategori negatif (84%). Penelitian ini berfungsi sebagai referensi bagi pengembang aplikasi untuk meningkatkan kualitas layanan JConnect berdasarkan umpan balik pengguna, serta sebagai pedoman untuk mengembangkan model analisis sentimen yang lebih canggih di masa depan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Sentimen, Mobile Banking, JConnect, Google Play Store, Naïve Bayes | ||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi |
||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Faqih Mustafa | ||||||
Date Deposited: | 08 May 2025 05:29 | ||||||
Last Modified: | 08 May 2025 05:30 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/40971 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |