Hosnaini, Duwi Robi (2025) Peningkatan Produktivitas Kinerja Sales Pada UD Andatu Mulia Distributor Resmi PT Nestle Indonesia Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)
![]() |
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (10kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (78kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (6kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
UD Andatu Mulia sebagai distributor resmi memiliki peran utama yaitu mendistribusikan barang dagangan kepada outlet-outlet dan konsumen. Hal ini tidak terlepas dengan peran sumberdaya manusia yang ada di perusahaan tersebut. Penerapan teknologi seperti aplikasi manajemen rute dan sistem CRM (Customer Relationship Management) menjadi penting dalam mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan serta merencanakan strategi penjualan yang lebih efektif. Road to market adalah aktivitas yang dilakukan bersama sales general trade untuk mengunjungi pasar. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memahami kondisi lapangan yang sebenarnya. Tujuannya adalah memastikan produk atau layanan yang diluncurkan dapat diterima dengan baik oleh pasar dan mencapai kesuksesan yang diinginkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas kinerja sales antara lain keterampilan berkomunikasi, pemahaman tentang kondisi pasar, dan pengelolaan stres. Salesman dikatakan produktif dan mencapai produktivitas yang diharapkan oleh perusahaan jika terdapat peningkatan dalam kunjungan dan penjualan setiap harinya. Dan untuk permasalahan sales dapat disebabkan oleh lima faktor utama: kurangnya pelatihan (Man), kurangnya teknologi manajemen rute dan sistem CRM (Machine), kualitas data pelanggan yang buruk (Material), tidak adanya segmentasi pasar yang efektif (Method), dan kondisi pasar yang berubah-ubah serta persaingan yang ketat (Environment). Solusinya melibatkan peningkatan pelatihan, investasi teknologi, peningkatan kualitas data, segmentasi pasar, dan adaptasi strategi penjualan.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Produktivitas, Kinerja, Sales, Customer Realtinship Management | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri |
||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL | ||||||
Depositing User: | Duwi Robi Hosnaini | ||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2025 09:41 | ||||||
Last Modified: | 21 Apr 2025 09:41 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/40702 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |