Vevialika, Vevialika (2025) Analisis Usaha Kebab Ayam Saus Mentai di Desa Purwoharjo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Ringkasan)
Tugas Akhir_Vevialika_Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (195kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Tugas Akhir_Vevialika_Bab 1.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (226kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Tugas Akhir_Vevialika_Dapus.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (196kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kebab ayam saus mentai merupakan makanan khas Timur Tengah ini dikenal sebagai tortila yang digulung, disajikan dengan isian daging yang kaya rempah dan sayuran segar. Untuk mengembangkan produk yang lebih variatif dan meningkatkan nilai tambah kebab ayam saus mentai menjadi varian baru yang menggabungkan potongan ayam dan sayuran dengan kombinasi saus mentai. Ayam yang digunakan diolah dengan bumbu kecap menambah keunikan dari produk ini. Tujuan tugas akhir ini yaitu melakukan proses produksi, menganalisis usaha dan mengetahui pemasaran yang baik untuk usaha kebab ayam saus mentai. Kegiatan tugas akhir ini dilaksanakan di Desa Purwoharjo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi selama 5 (lima) bulan yang dimulai dari 9 Juli sampai dengan 23 Desember 2024. Metode yang digunakan adalah BEP, R/C Ratio dan ROI. Berdasarkan hasil analisis usaha dalam satu kali produksi menghasilkan nilai BEP (produksi) 21,59 dari total 30 kemasan dan BEP (harga) Rp 8.636,16 per kemasan dengan harga jual Rp 12.000,- per kemasan. Nilai R/C Ratio 1,389 dan ROI 9,80% sehingga usaha menguntungkan dan layak diusahakan. Pada proses produksi kebab ayam saus mentai terdiri dari 6 tahapan. Penerapan pemasaran menggunakan strategi bauran pemasaran 4P product, price, place dan promotion. Produk dipasarkan secara langsung tanpa perantara dengan menggunakan promosi personal selling melalui media sosial seperti menawarkan produk memanfaatkan media sosial seperti Whatsapp dan Instagram dalam bentuk pamflet. Kegiatan produksi kebab ayam saus mentai dilakukan 5 kali. Dalam satu kali proses produksi membutuhkan waktu 7 jam dengan 1 tenaga kerja. Satu kali produksi menghasilkan 30 kemasan dengan harga jual Rp 12.000 per kemasan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Usaha, Kebab Ayam Saus Mentai | ||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen |
||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Vevialika Vevialika | ||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:03 | ||||||
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:04 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/40578 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |