Analisis Usaha Brownchips Singkong “Vanie Chips” Di Desa Tlogosadang Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan

Irdayana, Lucky (2025) Analisis Usaha Brownchips Singkong “Vanie Chips” Di Desa Tlogosadang Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (157kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (647kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (233kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan pelaksanaan tugas akhir ini adalah untuk melakukan proses produksi, melakukan analisis usaha produk, dan dapat melakukan pemasaran produk brownchips singkong “Vanie Chips”. Data primer diperoleh secara langsung dari pelaksanaan tugas akhir. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pengumpulan data primer dan data sekunder. Proses produksi brownchips singkong “Vanie Chips” dilakukan mulai dari persiapan alat hingga pengemasan. Proses produksi dilakukan sebanyak 5 kali dengan perolehan produk sebanyak 30 kemasan dalam 1 kali proses produksi yang dilakukan selama 8 jam dengan menggunakan 1 tenaga kerja dalam proses produksinya. Metode analisis yang digunakan dalam usaha ini yaitu BEP, R/C Ratio dan ROI. Metode pemasaran yang digunakan dalam usaha ini adalah metode pemasaran secara langsung dan secara tidak langsung. Hasil analisis diperoleh BEP (produksi) sebesar 21,59 kemasan dengan kapasitas produksi 30 kemasan. Sedangkan BEP (harga) ialah sebesar Rp. 7.196,53 per kemasan. R/C Rasio diperoleh lebih dari 1 yaitu sebesar 1,39 dan ROI diperoleh sebesar 4,68%. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan usaha Brownchips Singkong “Vanie Chips” ini menguntungkan dan layak untuk usahakan. Pemasaran produk brownchips singkong “Vanie Chips” dengan harga jual Rp. 10.000 per kemasan menggunakan pemasaran konsep 4P atau bauran pemasaran (marketing mix) berupa product, price, place dan promotion. Media promosi yang digunakan adalah platform media sosial berupa Whatsapp dan Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMalika, Uyun ErmaNIDN0008018802
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Brownchips Singkong “Vanie Chips”
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Lucky Irdayana
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:02
Last Modified: 16 Jul 2025 03:02
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/40428

Actions (login required)

View Item View Item