Modifikasi Sistem Kemudi dari Sistem Worm Gear dan Sector Menjadi Sistem Kemudi Orbitrol Pada Mobile Crane 80 Ton

Nala Ciptoadi, Galih (2023) Modifikasi Sistem Kemudi dari Sistem Worm Gear dan Sector Menjadi Sistem Kemudi Orbitrol Pada Mobile Crane 80 Ton. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (123kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (282kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Magang merupakan kegiatan mahasiswa yang berfungsi sebagai belajar untuk mempraktekan secara langsung pada perusahaan/ instansi/ industri dan bisnis lainnya. Magang digunakan untuk meningkatkan pengalaman dalam dunia insutri dan meningkatkan keterampilan selama magang serta meningkatkan keahlian mahasiswa. Magang yang dilaksanakan bersifat wajib yang dilaksanakan untuk mahasiswa dan kegiatan yang di buat oleh pihak akademik. Yaitu Politeknik Negeri Jember, khusus nya Program Studi Mesin Otomotif. Magang ini dilaksanakan di PT. Dok Pantai Lamongan selama 4 bulan, mulai 20 Juli 2023 hingga 20 November 2023. Banyak pengalaman yang di selama magang salah satu nya yaitu steering sistem pada kendaraan mobile crane 80 ton. Mobile crane 80 ton memiliki steering sistem worm gear and sector yang menggunakan gerakan mekanis untuk melakukan manuver dengan cara gerak mekanis digunakan untuk mengendalikan control valve. Control valve yang terus menerus digunakan mengalami keausan sehingga menyebabkan pressure hidrolik dari jalur “P” tidak dapat masuk ke jalur hidrolik “a” maupun ”b”. Pressure hidrolik “P” langsung menuju tangki dengan simbol “T” dan menyebabkan worm gear and sector yang awalnya berfungsi hanya sebagai pengendali atau sebagai pilot saja menjadi penggerak utama pada steering sistem mobile crane. Tekanan yang dialami worm gear and sector menjadi besar karena menggerakkan 4 roda berukuran 13.00- 20 yang menyebabkan komponen cepat rusak. Kerusakan yang dialami pada steering sistem mobile crane 80 ton dan tidak adanya peredaran control valve di pasar atau sudah tidak di produksi menjadi penyebab untuk dilakukan nya modifikasi steering sistem mobile crane 80 ton menjadi steering sistem orbitrol dengan memanfaatkan tekanan hidrolik sebagai penggerak roda mobile crane 80 ton.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAvero Azhar, FaruqNIDN0017049207
Uncontrolled Keywords: sistem kemudi, mobile crane, hidrolik, sistem hidrolik
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Galih Nala Ciptoadi
Date Deposited: 28 Feb 2025 01:28
Last Modified: 28 Feb 2025 01:28
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/40144

Actions (login required)

View Item View Item