Analisis Usaha Donat Kukus Ubi Mandi Lumer "DONKUBI" Di Desa Klakah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang

Saputra, Dimas Adi (2025) Analisis Usaha Donat Kukus Ubi Mandi Lumer "DONKUBI" Di Desa Klakah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan Laporan Tugas Akhir Dimas.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (416kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Laporan Tugas Akhir Dimas.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (418kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dapus Laporan Tugas Akhir Dimas.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (514kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Tugas Akhir Dimas adi.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan tugas akhir adalah dapat melakukan proses produksi donat kukus ubi mandi lumer “Donkubi” di Desa Klakah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang, dapat menganalisis usaha donat kukus ubi mandi lumer “Donkubi” di Desa Klakah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang, dan dapat menerapkan bauran pemasaran produk donat kukus ubi mandi lumer “Donkubi” di Desa Klakah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang. Kegiatan tugas akhir ini dilakukan dalam waktu 5 bulan, mulai dari 26 Juli sampai dengan 16 Desember 2024. Berdasarkan tugas akhir yang telah dilaksanakan, proses produksi dilakukan secara metode praktik langsung, mulai dari persiapan alat dan bahan, pengupasan, pemotongan, pengukusan dan penghalusan ubi, pembuatan adonan, pengembangan adonan pertama, pembagian dan pengembangan adonan ke-2, pengukusan adonan, dan pengemasan dan pelabelan. Metode analisis yang diterapkan untuk mengukur kelayakan usaha menggunakan metode BEP, metode R/C Ratio, dan metode ROI. Berdasarkan analisis usaha yang sudah diterapkan memperoleh hasil BEP (produksi) sebesar 21,810 kemasan dengan total produksi sebanyak 25 kemasan, BEP (harga) sebesar Rp 6.106,84/kemasan dengan harga jual Rp 7.000/kemasan, R/C Ratio sebesar 1,146 dan ROI sebesar 3,048 %. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa usaha ini layak untuk diusahakan dan menguntungkan. Bauran pemasaran 4P dari tugas akhir ini yaitu produk donat kukus ubi mandi lumer “donkubi” dengan harga Rp 7.000/kemasan, saluran pemasaran yang diterapkan adalah saluran pemasaran langsung, yaitu dari produsen langsung ke konsumen dengan metode promosi di media sosial menggunakan sistem PO (pre order) di whatsapp dan instagram

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMahanani, Retno SariNIDN0007057003
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : analisis usaha, donat kukus ubi
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 560 - Ilmu Ekonomi > 562 - Akuntansi
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Dimas Adi Saputra
Date Deposited: 11 Feb 2025 04:27
Last Modified: 11 Feb 2025 04:27
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/39797

Actions (login required)

View Item View Item