Saputra, Dimas Adi (2025) Analisis Usaha Donat Kukus Ubi Mandi Lumer "DONKUBI" Di Desa Klakah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Ringkasan)
Ringkasan Laporan Tugas Akhir Dimas.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (416kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Laporan Tugas Akhir Dimas.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (418kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Dapus Laporan Tugas Akhir Dimas.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (514kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Tugas Akhir Dimas adi.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari pelaksanaan tugas akhir adalah dapat melakukan proses produksi donat kukus ubi mandi lumer “Donkubi” di Desa Klakah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang, dapat menganalisis usaha donat kukus ubi mandi lumer “Donkubi” di Desa Klakah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang, dan dapat menerapkan bauran pemasaran produk donat kukus ubi mandi lumer “Donkubi” di Desa Klakah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang. Kegiatan tugas akhir ini dilakukan dalam waktu 5 bulan, mulai dari 26 Juli sampai dengan 16 Desember 2024. Berdasarkan tugas akhir yang telah dilaksanakan, proses produksi dilakukan secara metode praktik langsung, mulai dari persiapan alat dan bahan, pengupasan, pemotongan, pengukusan dan penghalusan ubi, pembuatan adonan, pengembangan adonan pertama, pembagian dan pengembangan adonan ke-2, pengukusan adonan, dan pengemasan dan pelabelan. Metode analisis yang diterapkan untuk mengukur kelayakan usaha menggunakan metode BEP, metode R/C Ratio, dan metode ROI. Berdasarkan analisis usaha yang sudah diterapkan memperoleh hasil BEP (produksi) sebesar 21,810 kemasan dengan total produksi sebanyak 25 kemasan, BEP (harga) sebesar Rp 6.106,84/kemasan dengan harga jual Rp 7.000/kemasan, R/C Ratio sebesar 1,146 dan ROI sebesar 3,048 %. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa usaha ini layak untuk diusahakan dan menguntungkan. Bauran pemasaran 4P dari tugas akhir ini yaitu produk donat kukus ubi mandi lumer “donkubi” dengan harga Rp 7.000/kemasan, saluran pemasaran yang diterapkan adalah saluran pemasaran langsung, yaitu dari produsen langsung ke konsumen dengan metode promosi di media sosial menggunakan sistem PO (pre order) di whatsapp dan instagram
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : analisis usaha, donat kukus ubi | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 560 - Ilmu Ekonomi > 562 - Akuntansi 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran |
||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Dimas Adi Saputra | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2025 04:27 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2025 04:27 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/39797 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |