Imania, Nurul (2024) Analisis Usaha Kue Lumpur Ubi Ungu "LUNGU" di Kelurahan Talkandang Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (399kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (486kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (190kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN KUE LUMPUR UBI UNGU new.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kue lumpur ubi ungu merupakan inovasi jajanan tradisonal yang umumnya berbahan dasar kentang, disubtitusikan dengan ubi ungu sebagai bahan bakunya. Tujuan tugas akhir ini yaitu melakukan pembuatan kue lumpur ubi ungu, melakukan analisis usaha serta menerapkan bauran pemasaran pada kue lumpur ubi ungu. Kegiatan tugas akhir ini dilakukan di Kelurahan Talkandang Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo dimulai pada Tanggal 23 Juli sampai 29 November 2024. BEP (produk), BEP (harga), R/C Ratio dan ROI adalah metode analisis yang menjadi dasar teoritis. Strategi pemasaran usaha ini terdiri dari empat strategi 4P yaitu Produk (product), Harga (price), Promosi (promotion), Tempat (place).Proses produksi kue lumpur ubi ungu “LUNGU” telah diselesaikan dalam lima kali proses produksi. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan terdapat tahapan proses produksi yaitu persiapan alat dan bahan, pengupasan ubi ungu, pengukusan ubi ungu, penghalusan ubi ungu, pembuatan adonan, pemanggangan adonan, pengemasan produk serta pemberian label “LUNGU”. Hasil analisis BEP (harga) diperoleh nilai sebesar Rp 1.906,6/kemasan dengan harga jual sebesar Rp 3.000/kemasan, sedangkan nilai BEP (produk) yaitu sebesar 31,776 kemasan dengan pencapaian penjualan sebanyak 50 kemasan dalam satu kali produksi, R/C Ratio 1,57 dan ROI 8,18%.Saluran pemasaran yang diterapkan pada usaha ini yaitu pemasaran langsung dan pemasaran tidak langsung. Promosi yang dilakukan dengan personal selling dan memanfaatkan media sosial. Berdasarkan hasil perhitungan serta proses pemasaran yang dilakukan maka usaha kue lumpur ubi ungu layak untuk diusahakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Usaha, Kue Lumpur, Ubi Ungu | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran |
||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Nurul Imania | ||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2025 03:21 | ||||||
Last Modified: | 31 Jan 2025 03:22 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/39267 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |