Optimalisasi Proses Pemberkasan Klaim Pasien Non-BPJS Rumah Sakit PELNI

Suci, Diah Ajeng Asmaraning (2024) Optimalisasi Proses Pemberkasan Klaim Pasien Non-BPJS Rumah Sakit PELNI. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan_Diah Ajeng.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan_Diah Ajeng.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (84kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Diah Ajeng.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (70kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Naskah Lengkap Laporan_Diah Ajeng.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada unit klaim Rumah Sakit PELNI bagian klaim dibagi menjadi dua, yaitu klaim untuk pasien BPJS dan klaim untuk pasien non-BPJS. Untuk klaim non- BPJS, yang melibatkan asuransi swasta, terdapat proses pemberkasan yang belum optimal. Berkas pasien yang sudah tersedia dalam format digital di PHIS harus dicetak menjadi hardfile, kemudian discan kembali secara manual sebelum diunggah ke website asuransi swasta. Prosedur ini memakan waktu dan menambah beban kerja, padahal seharusnya berkas digital dapat langsung diunduh dari PHIS untuk mempercepat proses pemberkasan dan meningkatkan efisiensi. Penelitian ini berfokus pada upaya optimalisasi proses pemberkasan klaim pasien non-BPJS di Rumah Sakit PELNI. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini akan menganalisis proses tersebut berdasarkan lima aspek manajemen (5M), yaitu Man, Money, Material, Machine, dan Method. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk menyederhanakan dan mempercepat proses pemberkasan klaim, sehingga tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional rumah sakit, tetapi juga memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pasien.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSabran, SabranNIDN0020109104
Uncontrolled Keywords: Pemberkasan, Pasien Non-BPJS
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Diah Ajeng Asmaraning Suci
Date Deposited: 13 Nov 2025 00:50
Last Modified: 13 Nov 2025 00:51
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/38992

Actions (login required)

View Item View Item