Analisis Pengaruh Variasi Jumlah Lubang Injektor Terhadap Performa Mesin Matic 130 Cc Dengan Pendingin Cairan

Suwito, Tantowi (2024) Analisis Pengaruh Variasi Jumlah Lubang Injektor Terhadap Performa Mesin Matic 130 Cc Dengan Pendingin Cairan. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
ABSRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (217kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (169kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (151kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sepeda motor merupakan sarana transportasi penting bagi masyarakat, dengan berbagai teknologi mesin yang digunakan, termasuk sistem Electronic Fuel Injection (EFI).Salah satu bagian motor yang mengalami modifikasi yang trend saat ini adalah perubahan volume silinder. Proses tersebut dikenal dengan istilah oversize. Untuk memaksimalkan performa yang maksimum, salah satunya dengan merubah injector agar udara dan bahan bakar lebih optimal. Hal tersebut pastinya berdampak positif dan negatif terhadap kendaraan karena kebutuhan mesin terhadap konsumsi bahan bakar sudah berbeda (sesuai kebutuhan mesin). injektor berfungsi menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar. Penelitian ini mengkaji pengaruh variasi jumlah lubang injektor terhadap performa mesin, termasuk torsi, daya, dan efisiensi bahan bakar. Berdasarkan hasil pengujian, injektor 8 lubang menghasilkan torsi dan daya tertinggi, yaitu 12.30 Nm pada 5200 RPM dan 10.5 HP pada 7800 RPM, dibandingkan dengan injektor standar 6 lubang. Sebaliknya, injektor 10 lubang mengalami penurunan performa akibat distribusi bahan bakar yang tidak merata, yang menyebabkan torsi dan daya turun menjadi 9.38 Nm pada 5800 RPM dan 8.0 HP pada 7900 RPM. Dengan demikian, perubahan jumlah lubang injektor dapat mempengaruhi performa mesin, dan injektor 8 lubang menawarkan keseimbangan optimal antara performa dan efisiensi bahan bakar pada sepeda motor oversize.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKarimah, Cahyaning NurNIDN0007109104
Uncontrolled Keywords: Torsi, Daya dan Konsumsi Bahan Bakar
Subjects: 100 - Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > 110 - Ilmu IPA > 111 - Fisika
100 - Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > 120 - Matematika > 121 - Matematika
500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 530 - Ilmu Bahasa Asing > 531 - Sastra (dan Bahasa) Inggris
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir
Depositing User: Tantowi Suwito
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:44
Last Modified: 16 Oct 2024 02:46
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/37263

Actions (login required)

View Item View Item