Analisis Kesiapan Penerapan Rekam Medis Elektronik dengan Pendekatan DOQ-IT di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Koesnadi Bondowoso : Literature Review

Mahdiyyah, Nurul Arief (2024) Analisis Kesiapan Penerapan Rekam Medis Elektronik dengan Pendekatan DOQ-IT di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Koesnadi Bondowoso : Literature Review. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (76kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (161kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (174kB)

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang begitu pesat di berbagai sektor, termasuk di sektor kesehatan salah satunya adalah Rekam Medik Elektronik (RME). Penyempurnaan manajemen RME mulai diterapkan di beberapa Rumah Sakit/ Puskesmas di Indonesia. Demikian kompleksnya tantangan untuk implementasi RME, maka perlu dilakukan penilaian kesiapan sebelum implementasi RME. Ini merupakan langkah yang paling penting untuk dilakukan lebih dahulu sebelum implementasi. Penilaian kesiapan akan membantu identifikasi proses dan skala prioritas, juga membantu pembentukan fungsi operasional untuk mendukung optimalisasi implementasi RME (Ghazisaeidi et al., 2013). Dalam implementasinya penggunaan teknologi ini memerlukan kesiapan petugas Kesehatan termasuk dokter, petugas rekam medis, dan pasien ketika berhadapan dengan teknologi sistem informasi ini (Heinzer, 2010). Di Indonesia salah satunya yaitu RSPAL dr.. Ramelan Surabaya merupakan rumah sakit Pusat TNI Angkatan Laut yang berada di Surabaya. Dalam proses pelayanan administratif RSPAL dr.. Ramelan melaksanakan kegiatan pelayanan administratif seperti rekam medis masih menggunakan sistem hybrid dimana RSPAL dr.. Ramelan memiliki rekam medis elektronik dan rekam medis manual Kegiatan autentifikasi dilakukan dengan menggunakan tanda tangan elektronik dan tanda tangan manual, dalam penggunaan tanda tangan elektronik yang masih berupa tanda tangan hasil scan banyak ditemui kendala berupa penolakan oleh pihak luar akibat diragukan keasliannya. Adanya permasalahan tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian kesiapan penerapan tanda tangan elektronik. Analisis kesiapan penerapan tanda tangan Elektronik di RSPAL dr.. Ramelan dapat dilakukan dengan menggunakan metode Doctor’s Office Quality-Informations Technology DOQ-IT. Penelitian ini dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diperoleh informasi bahwa pada aspek sumber daya manusia, budaya kerja organisasi, tata kelola kepemimpinan, dan infrastruktur secara keseluruhan memiliki kategori sangat siap.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRahagiyanto, AnggaNIDN0310059201
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Impelementasi RME, DO-IT
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Nurul Arief Mahdiyyah
Date Deposited: 09 Sep 2024 01:20
Last Modified: 09 Sep 2024 01:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/37130

Actions (login required)

View Item View Item