Analisis Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Pada Menu Ketidaklengkapan Rekam Medis Menggunakan Metode EUCS di RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah Denpasar

Ramdhani, Try Suci (2023) Analisis Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Pada Menu Ketidaklengkapan Rekam Medis Menggunakan Metode EUCS di RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah Denpasar. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (173kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (193kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (171kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rumah Sakit Umum Pusat RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah Denpasar merupakan rumah sakit yang telah menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) berbasis Web yang memuat subsistem Ketidaklengkapan Rekam Medis (KLPRM). Berdasarkan hasil kuesioner menunjukkan bahwa sebagian besar responden menjawab sangat setuju yaitu sebanyak 53,85% untuk dilakukan update pada sistem KLPRM. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk menganalisis sistem tersebut adalah metode EUCS berdasarkan dimensi content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Dari dimensi content (isi) menyatakan setuju dengan persentase 81,54%, dan tidak setuju dengan persentase 12,31%. Hal ini menunjukkan sistem informasi yang digunakan belum sesuai dengan kepuasan pengguna karena sistem KLPRM rawat jalan belum bisa menampilkan hasil KLPRM yang dibutuhkan dalam bentuk laporan. Dimensi accuracy (keakuratan) menyatakan setuju dengan persentase 65,38%, dan tidak setuju dengan persentase 26,92%. Artinya sistem informasi KLPRM rawat jalan yang diinputkan tidak terekap pada menu laporan KLPRM rawat jalan sehingga data tersebut tidak bisa dilakukan penarikan karena isinya belum sesuai dengan inputan. Dari Dimensi Format (tampilan) menyatakan tidak setuju dengan persentase 59,62%, dan setuju dengan persentase 34,62%. Petugas menyatakan item pada KLPRM rawat inap terlalu banyak untuk dianalisis dan pengguna tidak bisa membedakan mana item yang sudah diinput atau belum. Dimensi Ease of Use (kemudahan pengguna) menyatakan setuju dengan persentase 53,85%, dan tidak setuju dengan persentase 41,03%, artinya sistem belum dilengkapi dengan panduan dan penjelasan terkait petunjuk pengisian KLPRM. Dimensi Timeliness (ketepatan waktu) menyatakan setuju dengan persentase 61,54%, dan menyatakan tidak setuju dengan persentase 38,46%, petugas menyatakan sistem informasi KLPRM pada saat penarikan data sistem mengalami loading yang sangat lama.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSanti, Maya WekaNIDN0015059202
Uncontrolled Keywords: KLPRM, EUCS, Sistem Informasi
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Try Suci Ramdhani
Date Deposited: 23 Aug 2024 06:53
Last Modified: 23 Aug 2024 06:53
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/36888

Actions (login required)

View Item View Item