Pengaruh Subtitusi Tepung Labu Kuning (Cucurbita Moschata) Terhadap Karakteristik Fisik, Kimia Dan Organoleptik Cheesecake.

Maksillya, Nadya Metzaluna (2024) Pengaruh Subtitusi Tepung Labu Kuning (Cucurbita Moschata) Terhadap Karakteristik Fisik, Kimia Dan Organoleptik Cheesecake. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract_NADYA METZALUNA MAKSILLYA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (168kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan_NADYA METZALUNA MAKSILLYA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (180kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_NADYA METZALUNA MAKSILLYA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (423kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap_NADYA METZALUNA MAKSILLYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Cheesecake merupakan kue yang terbuat dari bahan dasar keju. Cheesecake menjadi salah satu jenis dessert yang memiliki daya tarik tinggi di kalangan masyarakat karena memiliki karakterisik rasa yang gurih dan ringan, tekstur yang lembut, selain itu proses pembuatan cheesecake juga sederhana dan tidak memerlukan banyak biaya. Cheesecake merupakan jenis kue makanan yang berasal dari yunani, yang mana pada mulanya hanya disediakan untuk para atlet. Bahan utama cheesecake yakni menggunakan mentega, keju, susu, creamcheese, telur, dan terigu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh subtitusi tepung labu kuning terhadap karakteristik fisik, kimia, sifat organoleptik dan perlakuan terbaik cheesecake. Metode penelitian yang diterapkan adalah rangkaian acak kelompok non faktorial (RAK) dengan 6 perlakuan dan 3 kali pengulangan dengan analisa sidik ragam ANOVA dilanjutkan dengan duncan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 0 % tepung labu kuning (F0). 15 % tepung labu kuning (F1). 30 % tepung labu kuning (F2). 45 % tepung labu kuning (F3). 60 % tepung labu kuning (F4). 75 % tepung labu kuning (F5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan terbaik pada 30 % tepung labu kuning 30 % tepung labu kuning (F2) yakni 67,41 % keempukan, 4,46 tekstur, warna cerah (L) 62,00, warna kemerahan (a) 11,00, warna kuning (b) 52,00. Sifat kimia cheesecake yang dihasilkan yakni mengandung kadar serat pangan 1,30% dan mengandung kadar lemak 14,40%. Cheesecake yang dihasilkan pada perlakuan F2 beraroma labu kuning yang lemah, berasa agak khas labu kuning , bertekstur lembut dan halus, serta menghasilkan pori pori agak seragam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWahyono, AgungNIDN0029127301
Uncontrolled Keywords: Cheesecake, sifat fisik dan kimia,tepung labu kuning,.
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Nadya Metzaluna Maksillya
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:54
Last Modified: 21 Aug 2024 02:55
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/36740

Actions (login required)

View Item View Item