Studi Indeks Performa dan Keuntungan Usaha Pemeliharaan Broiler di PT Surya Inti Ternak Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang Jawa Timur

Rosi, Fito (2024) Studi Indeks Performa dan Keuntungan Usaha Pemeliharaan Broiler di PT Surya Inti Ternak Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang Jawa Timur. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (20kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPOORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Usaha ternak ayam broiler di Indonesia semakin berkembang, terdapat banyak perusahaan pada bidang peternakan khusunya ayam broiler yang dapat dilihat dari hulu hingga hilir. Total produksi daging pada tahun 2016 sebesar 3,4 juta ton, dengan produksi daging terbesar diperoleh dari ayam broiler sebesar 56,77 persen, sapi dan kerbau sebesar 16,40 persen, babi sebesar 10,12 persen, dan ayam buras sebesar 8,49 persen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai IP (indeks performans) dan nilai keuntungan pemeliharaan broiler pada kandang closed house di kemitraan PT Surya Inti Ternak Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data primer yang diperoleh dari hasil pengamatan secara langsung serta wawancara dari peternak ayam broiler yang meliputi identitas responden, data pemeliharaan, data penjualan dan biaya – biaya usaha pemeliharaan ayam broiler. Penelitian ini juga menggunakan metode pengumpulan data sekunder yang diperoleh dari PT Surya Inti Ternak Indonesia Cabang Malang. Hasil penelitian mengenai penyebab deplesi yang tinggi pada periode kedua menunjukkan sebagai akibat dari serangan penyakit gangguan pernafasan pada sejumlah ekor ayam sedangkan pada periode pertama berada pada angka deplesi yang cukup rendah yaitu 3,7%. Salah satu faktor kunci dalam menaikkan indeks performance adalah deplesi, yaitu berkurangnya jumlah ayam akibat kematian dan culling. Dari uraian penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa IP (Indeks Performance) dalam usaha ternak ayam Broiler di PT.Surya Inti Ternak periode kedua adalah 250, lebih rendah dibanding periode pertama yaitu 286,7 dengan selisih 36,7. Usaha peternakan ayam broiler PT. Surya Inti Ternak harus meningkatkan manajemen pemeliharaan agar dapat memaksimalkan Indeks Kinerja dan meningkatkan pendapatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKustiawan, ErfanNIDN0009097601
Uncontrolled Keywords: Indeks Performa, Keuntungan Usaha, PT. Surya Inti Ternak
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 211 - Ilmu Peternakan
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Fito Rosi
Date Deposited: 20 Aug 2024 07:56
Last Modified: 20 Aug 2024 07:56
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/36615

Actions (login required)

View Item View Item