Perintisan Usaha Produk Olahan Kopi Robusta Di Perumda Perkebunan Kahyangan Jember : Pemasaran Produk Puding Sedot (KOKHA)

Jannah, Nuris Satul (2023) Perintisan Usaha Produk Olahan Kopi Robusta Di Perumda Perkebunan Kahyangan Jember : Pemasaran Produk Puding Sedot (KOKHA). [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan Nuris.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (304kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan Nuris.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (555kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Nuris.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (78kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap Nuris.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Perintisan Usaha Produk Olahan Kopi Robusta Di Perumda Perkebunan Kahyangan Jember : Pemasaran Produk Puding Sedot (KOKHA), Nuris Satul Jannah, NIM B32210756, Tahun 2024, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Aulia Brilliantina, S.TP., M.P.(Dosen Pembimbing). Magang merupakan salah satu kewajiban sebagai salah satu syarat meraih gelar ahli madya (D-3) bagi setiap mahasiswa Program Studi Teknologi Industri Pangan Politeknik Negeri Jember. Tujuan kegiatan Magang adalah sebagai sarana mahasiswa agar dapat mencari keterkaitan antara teori ilmu pengetahuan dengan kondisi yang dijumpai pada saat berada di lapangan. Magang dilaksanakan selama 10 minggu mulai dari 4 September 2023 sampai dengan 10 November 2023 di Perumda Perkebunan Kahyangan Jember. Metode yang dilakukan dalam pelaksanaan Magang dengan observasi, wawancara, membuat inovasi produk serta mengikuti seluruh aktivitas yang ada di Perumda Perkebunan Kahyangan Jember, metode studi pustaka, dan penyelesaian laporan. Perumda Perkebunan Kahyangan Jember merupakan salah satu Badan Milik Daerah (BUMD). Perumda Perkebunan Kahyangan Jember berada di Jl. Gajah Mada No. 245, Kaliwates Kidul, Kec. Kaliwates, Kab. Jember, Jawa Timur 6813. Perumda Perkebunan Kahyangan Jember berdiri sejak tanggal 12 Februari 1969. Perusahaan ini bergerak di bidang penglahan biji kopi dan karet. Beberapa macam proses yang dilakukan di Perumda Perkebunan Kahyangan Jember mulai dari penerimaan bahan baku dari kebun, proses penyangraian, penggilingan, kemudian packing atau pengemasan, dan yang terakhir penyimpanan serta pemasaran. Dilakukan inovasi produk kopi bubuk untuk meningkatkan nilai penjualan serta dapat menambah minat konsumen untuk mengkonsumsi kopi regular dari Perumda Perkebunan Kahyangan Jember. Salah satu inovasi dari produk kopi bubuk ini yaitu puding sedot kopi (PODKHA). Puding ini dibuat dengan campuran susu UHT, susu kental manis, serta penambahan jelly. Puding sedot diciptakan untuk mempermudah konsumen untuk menikmati produk puding. Serta menambah nilai jual pada produk kopi reguler di Perumda Perkebunan Kahyangan Jember. Pemasaran produk dilakukan secara online melalui WhatsApp dan instagram serta secara offline dengan mengikuti event, bazar, expo dan CFD. Pemasaran produk puding sedot snagat diminati konsumen karena dilihat dari segi harga dan rasa cukup terjangkau dan enak.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBrilliantina, AuliaNIDN0010098406
Uncontrolled Keywords: Kopi, Puding Sedot, Kewirausahaan, Perkebunan, Kopi Susu, Wirausaha, Robusta
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > PKL
Depositing User: Nuris Satul Jannah
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:39
Last Modified: 31 Jul 2024 01:40
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35552

Actions (login required)

View Item View Item