Penerapan Sistem Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) Pada Proses Produksi Kaldu Ayam Bubuk Di PT Karunia Pangan Sejahtera, Pasuruan – Jawa Timur

Ummah, Neni Hidayatul (2023) Penerapan Sistem Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) Pada Proses Produksi Kaldu Ayam Bubuk Di PT Karunia Pangan Sejahtera, Pasuruan – Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (75kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (150kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (27kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan sistem Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) pada proses produksi kaldu ayam bubuk di PT Karunia Pangan Sejahtera, Pasuruan – Jawa Timur, Neni Hidayatul Ummah, NIM B32211758, Tahun 2023, 80 halaman, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Ir. Agus Santoso, M.Si (Dosen Pembimbing). Pelaksanaan magang dilaksanakan di PT Karunia Pangan Sejahtera, Jl. Rembang Industri II No. 21, Jati, Pandean, Kec. Rembang, Pasuruan, Jawa Timur 67152. PT Karunia Pangan Sejahtera merupakan sebuah Perusahaan yang memproduksi bahan makanan dengan citarasa yang unik, salah satu produk yang dihasilkan yaitu kaldu bubuk EMR kaldu ayam bubuk. Tujuan pelaksanaan magang di PT Karunia Pangan Sejahtera yaitu untuk mengetahui tahapan proses pengolahan, analisis produk secara fisik dan kimia, serta menganalisis potensial bahaya dan tindakan pengendalian melalui penyusunan dokumen HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point). PT Karunia Pangan Sejahtera mengolah produk yang berasal dari bahan baku setengah jadi yang diperoleh dari berbagai supplier dan kemudian menghasilkan berbagai produk dengan citarasa yang khas dan unik. Beberapa contoh produk yang dihasilkan oleh PT Karunia Pangan Sejahtera yaitu kaldu bubuk, tepung bumbu serbaguna, bahan industri makanan (Baking powder, prophost, pewarna makanan), pemanis maknaan, konjac powder, penguat rasa, dan bumbu tabur. Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP) merupakan sistem yang digunakan untuk memastikan makanan tetap aman. Penerapan sistem HACCP di PT Karunia Pangan Sejahtera didukung dengan penerapan sistem keamanan pangan yang berupa ISO 22000:2018 dengan persyaratan dasar yang harus diterapkan sebelum penerapan sistem HACCP diantaranya yaitu penerapan SSOP (Standard Sanitation Operating Procedure) dan penerapan GMP (Good Manufacturing Practice).

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSantoso, AgusNIDN0015086302
Uncontrolled Keywords: HACCP, GMP, Titik Kendali Kritis, Proses Produksi
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > PKL
Depositing User: Neni Hidayatul Ummah
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:43
Last Modified: 30 Jul 2024 03:44
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35252

Actions (login required)

View Item View Item