Visualisasi Data Alumni Jurusan Teknologi Informasi Di Politeknik Negeri Jember Sebagai Media Penunjang Penilaian Akreditasi

Nuriawan, Ferdy (2024) Visualisasi Data Alumni Jurusan Teknologi Informasi Di Politeknik Negeri Jember Sebagai Media Penunjang Penilaian Akreditasi. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (43kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (50kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (106kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Visualisasi Data Alumni Jurusan Teknologi Informasi Di Politeknik Negeri Jember Sebagai Media Penunjang Penilaian Akreditasi, Ferdy Nuriawan NIM E31211883, Tahun 2024, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Dwi Putro Sarwo Setyohadi, S.Kom, M.Kom. (Dosen Pembimbing). Pendidikan adalah aspek vital dalam pembangunan sebuah negara, meliputi berbagai topik seperti kurikulum, metode pengajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengembangan kepribadian siswa. Akreditasi merupakan salah satu cara untuk menilai kualitas pendidikan dan menjadi faktor penting dalam pilihan karir mahasiswa serta peringkat universitas di dunia. Perguruan tinggi perlu membuktikan bahwa mereka menyediakan pendidikan berkualitas dan mempersiapkan mahasiswa untuk karir di masa depan guna memenuhi standar akreditasi. Pengumpulan dan analisis data alumni menjadi cara untuk menunjukkan keberhasilan tersebut. Visualisasi data adalah teknik yang menggambarkan data dalam bentuk grafik, diagram, atau tabel untuk memudahkan pemahaman dan analisis. Teknik ini membantu mengidentifikasi pola, tren, dan anomali dalam data. Meski pengumpulan dan analisis data alumni bisa menjadi tantangan bagi lembaga pendidikan, visualisasi data alumni memudahkan penilaian akreditasi dengan memberikan gambaran jelas tentang kinerja dan keberhasilan alumni dalam karir mereka. Informasi mengenai jenis pekerjaan, gaji rata-rata, kesesuaian pekerjaan dengan jurusan, dan prestasi alumni dapat diperoleh melalui visualisasi data ini. Dengan demikian, perguruan tinggi dapat mengevaluasi efektivitas program pendidikan mereka dan menemukan area yang perlu ditingkatkan untuk mempersiapkan mahasiswa menuju karir yang sukses.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSetyohadi, Dwi Putro SarwoNIDN0017058003
Uncontrolled Keywords: visualisasi, data, alumni, teknologiinformasi, sisteminformasi
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Ferdy Nuriawan
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:48
Last Modified: 25 Jul 2024 07:48
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35158

Actions (login required)

View Item View Item