Teknik Pengendalian Keong Mas (Pomaceae canaliculata) Pada Tanaman Padi di Gapoktan Sulek Raya Wilayah Kerja BPP Maskuning Kabupaten Bondowoso

Hasanah, Jamilatul (2024) Teknik Pengendalian Keong Mas (Pomaceae canaliculata) Pada Tanaman Padi di Gapoktan Sulek Raya Wilayah Kerja BPP Maskuning Kabupaten Bondowoso. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasa)
Laporan PKL-Jamilatul Hasanah Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (308kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Laporan PKL-Jamila .pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (115kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Jamila.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (90kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporang Magang PKL Mila sipora 4.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB)

Abstract

PKL yang dilaksanakan pada tanggal 1 maret-30 juni di BPP Maskuning alamat Jl. Pakisan No.12 Pujer Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur. Dengan 8 jam kerja, PKL ini merupakan program dari Politeknik Negeri Jember untuk mempersiapkan mahasiswa mendapatkan kompetensi dalam teknologi produksi tanaman pangan. BPP Maskuning dipilih sebagai tempat PKL karena kesesuaiannya dengan bidang ilmu mahasiswa, yaitu budidaya pertumbuhan padi organik. BPP ini berperan penting dalam pengembangan pertanian di Kabupaten Bondowoso, fokus utamanya adalah peningkatan produktivitas padi untuk mencapai swasembada pangan. Keong mas merupakan salah satu hama utama yang mengancam produksi padi di wilayah tersebut, dengan kemampuan reproduksi tinggi dan kerusakan yang signifikan terutama pada fase vegetatif tanaman. Tujuan dilakukannya penelitian ini Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman kerja bagi mahasiswa mengenai kegiatan perusahaan/industri, Melatih mahasiswa untuk menjadi lebih kritis terhadap perbedaan kegiatan di tempat PKL dengan yang diperoleh di bangku kuliah, Mengembangkan keterampilan tertentu yang tidak diperoleh di kampus. Meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengidentifikasi gejala dan serangan hama keong mas pada tanaman padi di Gapoktan Sulek Raya Wilayah BPP Maskuning Kabupaten Bondowoso, Meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam teknik mengendalian hama keong mas pada tanaman padi di Gapoktan Sulek Raya Wilayah BPP Maskuning Kabupaten Bondowoso, Meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menganalisis usaha tani di Gapoktan Sulek Raya Wilayah BPP Maskuning Kabupaten Bondowoso. Sehingga hasil analisis menunjukkan nilai R/C = 4,03 dan B/C = 3,03 . Ini menandakan bahwa usaha v produksi padi di Gapoktan Sulek Raya menguntungkan dan layak untuk dikembangkan, karena nilai R/C dan B/C lebih dari 1.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuhklisin, IlhamNIP198701292020121004
Uncontrolled Keywords: Teknik Pengendalian Keong Mas (Pomaceae canaliculata) Pada Tanaman Padi
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 153 - Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Jamilatul Hasanah
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:20
Last Modified: 26 Jul 2024 06:21
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35030

Actions (login required)

View Item View Item