Aktifitas Pemeliharaan Perairan Tanaman Tembakau (Nicotiana tabacum L) Bawah Naungan Di Koperasi Agrobisnis Tarutama Nusantara Kabupaten Jember

Kerinci, Esaprila Putra (2024) Aktifitas Pemeliharaan Perairan Tanaman Tembakau (Nicotiana tabacum L) Bawah Naungan Di Koperasi Agrobisnis Tarutama Nusantara Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (15kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (113kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (59kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan magang yang dilaksanakan selama 4 bulan dimulai dari 4 Maret 2024 sampai dengan 4 Juli 2024. Pelaksanaan kegiatan magang dilaksanakan di Koperasi Agrobisnis Tarutama Nusantara Kabupaten Jember. Metode yang digunakan selama pelaksanaan magang diantaranya yaitu metode orientasi, observasi, wawancara, dokumentasi, praktek langsung dan studi pustaka. Kegiatan magang memiliki tujuan agar mahasiswa dapat mengerjakan pekerjaan yang ada di lapang secara langsung dan memiliki kesempatan yang digunakan untuk memantapkan keterampilan serta pengetahuan yang nantinya akan berdampak terhadap pengambilan keputusan yang paling tepat serta mendapatkan suatu kematangan fisik maupun mental seiring dengan berjalannya waktu. Koperasi Agrobisnis Tarutama Nusantara merupakan salah satu perusahaan swasta di Jember yang bergerak dalam budidaya tenaman tembakau bawah naungan Bes-No dengan menerapkan teknologi tinggi berupa tembakau bawah naungan atau yang sering disebut TBN, dimana nantinya tanaman tembakau yang digunakan akan digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan cerutu terutama bahan pembalut cerutu (dekblad). Koperasi Agrobisnis Tarutama Nusantara di Kabupaten Jember merupakan koperasi dalam budidaya tanaman tembakau dimana tanaman tembakau memerlukan pemeliharaan perairan khususnya pada tanaman bawah naungan. Air merupakan salah satu komponen penting dalam budidaya tanaman tembakau yang nantinya akan memiliki pengaruh penting dalam pertumbuhan tanaman khususnya terhadap kualitas daun tembakau. Maka untuk memenuhi kebutuhan air perlu adanya pemeliharaan perairan pada lahan tembakau. Pada budidaya tanaman tembakau pemeliharaan perairan dilakukan dengan pembuatan got yang ada pada lahan. Pemeliharaan perairan bertujuan untuk menjaga kebutuhan air pada tanaman agar jumlahnya sesuai dengan yang dikehendaki tanaman dan untuk menambah sumber air dalam tingkat tersedia bagi tanaman dan dapat digunakan untuk saluran pembuangan air yang dirasa berlebihan yang mana jika tidak diatur sesuai kebutuhan tanaman maka akan berdampak pada pembusukan bahkan kematian tanaman. Pemeliharaan perairan tanaman tembakau juga membantu dalam sistem penyiraman tanaman tembakau agar tidak mengalami kekeringan. Kegiatan magang ini dapat melatih mahasiswa untuk melakukan pekerjaan lapang dan mempertahankan kerja sama yan baik antara Politeknik Negeri Jember dengan Koperasi Agrobisnis Tarutama Nusantara Kabupaten Jember khususnya pada kegiatan pemeliharaan perairan tanaman tembakau bawah naungan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHumaida, SitiNIDN0026046006
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 151 - Ilmu Tanah
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 153 - Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 156 - Pemuliaan Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Esaprila Putra Kerinci
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:26
Last Modified: 26 Jul 2024 02:27
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35029

Actions (login required)

View Item View Item