Teknik Aplikasi Fungisida Berbahan Aktif Simoksanil Untuk Mengendalikan Penyakit Hawar Daun Pada Tanaman Kentang Di CV. Petani Sayur Dataran Tinggi Yusuf Joko Lesmono

Nurlayli, Eka Febi (2024) Teknik Aplikasi Fungisida Berbahan Aktif Simoksanil Untuk Mengendalikan Penyakit Hawar Daun Pada Tanaman Kentang Di CV. Petani Sayur Dataran Tinggi Yusuf Joko Lesmono. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (65kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (77kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) yang dilakukan di perusahaan, industri, instansi maupun bsinis lainnya yang dilaksanaikan dengan pertimbangan dapat memberikan ilmu bagi mahasiswa. PKL ini dilaksanakan pada bulan Maret 01 – 29 Juni 2024 di CV. Petani Sayur Dataran Tinggi Yusuf Joko Lesmono yang bertempat di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Pelaksanaan Praktek Kerja Lapang kali ini bertujuan secara umum untuk membantu mahasiswa mengembangkan wawasan, keahlian, dan keterampilan manajerial sekaligus memberikan pengalaman kerja. Mahasiswa diharapkan dapat mengasah kemampuan dalam menelaah metode dan masalah yang ada di dunia kerja serta perkuliahan, mengembangkan sifat adaptif dan responsif dalam menghadapi permasalahan pertanian di lapangan, serta memperluas wawasan dan pengalaman mengenai kerjasama tim, hubungan sosial, dan kemampuan komunikasi serta pencarian informasi. Selain itu, rangkaian kegiatan PKL juga memiliki tujuan khusus bagi setiap mahasiswa, yaitu untuk mengetahui teknik pengendalian hama dan penyakit dengan menggunakan fungisida, meningkatkan keterampilan dalam pengaplikasian fungisida pada budidaya tanaman kentang, serta meningkatkan keterampilan dalam menyusun analisis usaha tani pada budidaya tanaman kentang. Kegiatan PKL ynag diperoleh ialah teknik aplikasi fungisida dengan menggunakan sprayer. Dimana penggunaan sprayer sendiri tidak banyak digunakan di kalangan petani biasanya. Pengaplikasian fungisida ini bertujuan untuk menunjukkan bagimana teknik pengaplikasian fungisida menggunakan sprayer, dengan menggunakan sprayer saat penyemprotan dapat lebih efektif dikarenakan dapat mengenai semua bagian tanaman yang tidak mudah dijanghkau. Serta penyebaran fungisida dinilai lebih maksimal dibandingkan dengan menggunakan knanpsack sprayer. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap pengendalian penyakit utama pada tanaman kentang yaitu hawar daun. Jadi teiknik aplikasi dengan menggunakan sprayer diharapkan mampu lebih efektif dan efisien dalam penyebaran fungisida untuk pengendalian penyakit hawar daun. Penggunaan fungisida sendiri menerapkan prinsip 5T penyemprotan yakni tepat jenis, tepat dosis, tepat formula, tepat cara, dan tepat waktu, supaya dalam pengaplikasian dapat sesuai dengan hasil yang diinginkan. Hasil yang diperoleh dalam PKL berupa mengatur analisis usaha tani. Analisis usaha tani menghasilkan keuntungan Rp. 15.754.000 dengan total produksi 2,6 ton dengan harga jual 16.000/kg, sehingga budidaya tanaman kentang ini dapat dilanjutkan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSoelaksini, M.P, Ir. Rr. Liliek DwiNIDN0001036102
Uncontrolled Keywords: Fungisida, Sprayer, Kentang
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 153 - Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Eka Febi Nurlayli
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:11
Last Modified: 26 Jul 2024 02:11
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34974

Actions (login required)

View Item View Item