Identifikasi Feedzone dan Karakterisasi Fluida Reservoir Sumur XYZ Berdasarkan Data PT (Pressure-Temperature) Static Logging di Lapangan Panas Bumi Kamojang

Zulfa, Nuriyah (2024) Identifikasi Feedzone dan Karakterisasi Fluida Reservoir Sumur XYZ Berdasarkan Data PT (Pressure-Temperature) Static Logging di Lapangan Panas Bumi Kamojang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
1. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (190kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (169kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (166kB)

Abstract

Area Kamojang merupakan area tertua Pertamina Geothermal Energy dimana eksplorasi pertama Pertamina dilakukan tahun 1974 di area tersebut. Area Kamojang berada di WKP Kamojang - Darajat, Provinsi Jawa Barat, dimana terdapat 5 unit PLTP yang beroperasi secara komersial sejak 1983. Total kapasitas daya yang terbangkitkan pada saat ini adalah sebesar 235 MW. Saat ini, lapangan panas bumi Kamojang memiliki 94 sumur yang meliputi 57 sumur produksi, 9 sumur reinjeksi, 19 sumur monitor, dan 9 sumur abandon. Kondisi sumur senantiasa berubah seiring berjalannya waktu dan perlu rutin dipantau. Berdasarkan praktik dilapangan ada beberapa tahapan yang dilakukan untuk mengetahui kondisi sumur yaitu dengan melakukan pengukuran dan pengujian sumur. Kegiatan tersebut memperoleh data yang kemudian diolah dan dianalisis untuk memantau sumur sehingga jika terjadi suatu permasalahan dapat ditangani dengan cepat. Pengukuran PT bertujuan untuk mengetahui karakteristik fisik dari sumur panas bumi seperti tekanan dan temperatur, karakteristik fluida sumur dan feedzone. PT static logging merupakan proses pengukuran dan pencatatan kedalaman, pressure dan temperature lapisan bawah permukaan dengan menggunakan alat khusus yang dimasukkan kedalam sumur shut in. Instrumen yang digunakan adalah alat ukur tekanan dan temperatur yang bekerja secara elektrikal berupa MB Century PT Memory Tool. Data yang diperoleh dari PT static logging memiliki 4 rekaman data setiap detiknya sehingga perlu dilakukan pengelompokan data pada setiap kedalaman 2 meter dengan menggunakan pivot table di Microsoft Excel. Data yang telah dikelompokkan kemudain ditampilkan dalam grafik sehingga diperoleh hasil analisa, yaitu tekanan sumur yang berada pada 22-25 bara yang meningkat secara bertahap. Temperatur permukaan sumur berada pada 177°C dan tempertur dikedalaman 1300 meter hingga dasar sumur naik turun tidak stabil. Terdapat 4 jenis fluida yang terdekteksi yaitu, gas (1-14 meter), under saturated steam (15-400 meter), saturated steam (400-1300 meter), dan superheated steam (1300-2681 meter). Terdapat 3 feedzone, yaitu pada kedalaman 1350-1600 meter, 1650-2200 meter dan 2350-2600 meter, feedzone yang teridentifikasi merupakan feedzone dengan permeabilitas tinggi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRudiyanto, BayuNIDN0021127307
Uncontrolled Keywords: Panas Bumi Geothermal Lapangan Panas Bumi Kamojang Sumur
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 470 - Teknologi Kebumian > 471 - Teknik Panas Bumi
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Teknik Energi Terbarukan > PKL
Depositing User: Nuriyah Zulfa
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:35
Last Modified: 23 Jul 2024 02:36
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34844

Actions (login required)

View Item View Item