Pengaruh Aplikasi Agensia Hayati Beauveria bassiana Terhadap Keanekaragaman Arthropoda Pada Tanaman Padi (Oryza sativa L.)

Nurlayli, Eka Febi (2024) Pengaruh Aplikasi Agensia Hayati Beauveria bassiana Terhadap Keanekaragaman Arthropoda Pada Tanaman Padi (Oryza sativa L.). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (12kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (20kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (87kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan beras meningkat seiring pertambahan penduduk, namun produktivitasnya menurun karena hama dan penggunaan insektisida sintesis yang berlebihan, menyebabkan kematian musuh alami. Pengendalian alami diperlukan, salah satunya dengan bioinsektisida seperti agensia hayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi agensia hayati Beauveria bassiana terhadap keanekaragaman arthropoda dan hasil panen tanaman padi. Penelitian ini dilakukan di lahan budidaya padi di Kelurahan Dukuh Mencek, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode survei yaitu menggunakan cara pengamatan langsung dengan membandingkan 2 lahan dan dengan bantuan perangkap Yellow Pan Trap, Sticky Trap, dan Pitfall Trap untuk pengambilan sampel arthropoda. Analisis data menggunakan perhitungan indeks ekologis dan uji Mann-Whitney Test. Hasil penelitian di lahan tanaman padi perlakuan agensia hayati Beauveria bassiana diperoleh 25 spesies dengan total 3477 individu. Sedangkan pada perlakuan insektisida sintesis Imidakloprid diperoleh 25 spesies dengan total 1054 individu. Tidak terdapat perbedaan pada aplikasi agensia hayati Beauveria bassiana dengan insektisida sintesis Imidakloprid terhadap keanekaragaman arthropoda yang berperan sebagai herbivor dan predator, akan tetapi terdapat perbedaan pada predator. Sedangkan pada perlakuan antara agensia hayati dan insektisida sintesis Imidakloprid menunjukkan hasil berpengaruh nyata terhadap hasil berat gabah kering sawah (GKS). Indeks keragaman Shannon Wiener (H`) pada dua perlakuan menunjukkan kategori sedang, Indeks Dominansi (C`) pada kedua perlakuan menunjukkan tidak ada dominasi, dan kesamaan jenis (ISS) serupa. Kata kunci: Arthropoda, Agensia Hayati, Imidakloprid, Beauveria bassiana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSyarief, MochammadNIDN0005075906
Uncontrolled Keywords: Arthropoda, Agensia Hayati, Imidakloprid, Beauveria bassiana.
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 153 - Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Eka Febi Nurlayli
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:24
Last Modified: 25 Jul 2024 02:26
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34842

Actions (login required)

View Item View Item