Strategi Pemasaran Anggrek Dendrobium Menggunakan Bauran Pemasaran (4P) di Kebun Anggrek Astuti

Sari, Sovia Wulan (2024) Strategi Pemasaran Anggrek Dendrobium Menggunakan Bauran Pemasaran (4P) di Kebun Anggrek Astuti. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (15kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (118kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Text Full.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Magang atau PKL merupakan kegiatan penerapan teori secara sinkron dan metodis antara penguasaan program dan keterampilan kerja yang dicapai secara langsung dalam mencapai tingkat keahlian tertentu. Magang ini diselesaikan di berbagai perusahaan atau bisnis yang terkait dengan program akademik siswa. Program magang ini mencakup berbagai bidang, mulai dari produksi hingga pemasaran. Perusahaan yang dijadikan tempat magang mahasiswa yaitu Kebun Anggrek Astuti yang berlokasi di Dusun Jabung, Desa Sidorejo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur yang bergerak pertanian, khususnya tanaman hias anggrek. Salah satu jenis anggrek yang ada di Kebun Anggrek Astuti yaitu anggrek dendrobium. Strategi pemasaran sangatlah penting, strategi dalam pemasaran dapat memudahkan penjualan produk secara efektif dan efisien. Pemasaran memerlukan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai tujuannya. Tujuan dari strategi pemasaran adalah untuk meningkatkan pangsa pasar dan bisnis terus mengalami pertumbuhan dengan cara menciptakan suatu barang atau jasa sesuai keiginan konsumen. Salah satu strategi pemasaran yang sering digunakan dalam bisnis adalah bauran pemasaran. Kebun Anggrek Astuti menjual berbagai jenis tanaman anggrek. Salah satu jenis strategi pemasaran yang digunakan yaitu bauran pemasaran yang meliputi produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Kebun Anggrek Astuti sendiri memiliki beragam jenis tanaman anggrek dendrobium yang dipasarkan mulai dari kondisi dewasa, spike, hingga knop mekar dan mulai grade B, A, A++ hingga ID mahal. Penentuan harga pembelian ecer dan reseler pasti berbeda. Penentuan harga ecer dapat dilihat dari harga yang telah ditentukan perusahaan. Sedangkan harga reseler dilihat dari harga yang telah ditentukan perusahaan dan dapat dilihat berdasarkan pengelompokkan grade dan pengelompokkan tingkatan harga. Semakin banyak produk yang dibeli, maka semakin rendah juga harga yang didapatkan. Penetapan harga jual untuk kondisi dewasa, spike, hingga knop mekar yaitu sama. Penjualan dengan harga yang sangat terjangkau dan tempat pemasaran yang strategis yaitu di Dusun Jabung, Desa Sidorejo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk serta dipasarkan secara online dengan memanfaatkan beberapa sosial media yang meliputi WhatsAPp, Instagram, dan E-Commerce.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKrismiratsih, FitriNIDN0012039402
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Anggrek Dendrobium. Strategi, Bauran Pemasaran
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis (PSDKU Nganjuk) > PKL
Depositing User: Sovia Wulan Sari
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:40
Last Modified: 23 Jul 2024 01:41
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34754

Actions (login required)

View Item View Item