Penerapan Good Manufacturing Practice (GMP) Pada Department FP-2 Section Mayumi Di PT Ajinomoto Indonesia - Mojokerto Factory

Jannah, Rizatul (2023) Penerapan Good Manufacturing Practice (GMP) Pada Department FP-2 Section Mayumi Di PT Ajinomoto Indonesia - Mojokerto Factory. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (230kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (311kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (152kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan Good Manufacturing Practice (GMP) pada Department FP – 2 Section Mayumi di PT Ajinomoto Indonesia – Mojokerto Factory, Rizatul Jannah, NIM B32210780, Tahun 2023, 74 halaman, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Ir. Agus Santoso, M,Si (Dosen Pembimbing). PT Ajinomoto Indonesia-Mojokerto Factory terdiri atas dua sub perusahaan dalam satu lokasi, yaitu PT Ajinomoto Indonesia dan PT Ajinex Internasional. PT Ajinomoto Inodonesia-Mojokerto Factory merupakan industry yang memprosuksi bumbu masakan berupa MSG (Monosodium Glutamat), Masako, Sajiku dan Mayumi. Hasil samping dari proses produksi dan limbah kantin diolah hingga memiliki nilai tambah karena Ajinomoto telah berkomitmen untuk menjaga lingkungan dengan tujuan mengurangi dampak pada lingkungan di Indonesia. Produk hasil samping tersebut yaitu pupuk cair Amina dan Ajifol serta mengolahnya menjadi pakan ternak yaitu FML dan Tritan. Tujuan pelaksanaan Magang di PT Ajinomoto-Mojokerto Factory yaitu mengetahui serta mempelajari proses produksi serta penerapan Good Manufacturing Practice (GMP) atau penerapan cara produksi pangan olahan yang baik (CPPOB) di department FP-2 Section Mayumi PT Ajinomoto Indonesia-Mojokerto Factory. Magang dilaksanakan selama 3 bulan mulai 4 September – 4 Desember 2023 di PT Ajinomoto Indonesia-Mojokerto Factory. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan magang yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi, kerja nyata dengan mengikuti instruksi dari pihak department FP-2, studi Pustaka dan penyelesaian laporan. Hasil pengamatan selama magang tentang penerapan Good Manufacturing Practice (GMP) atau penerapan Cara Produksi Pangan Olahan yang baik (CPPOB) di department FP-2 section Mayumi PT Ajinomoto Indonesia-Mojokerto Factory secara keseluruhan telah menerapkan sistem GMP dengan baik dan sesuai dengan Peraturan Pemerintah 75/M-IND/7/2010 tentang cara produksi pangan olahan yang baik.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSantoso, AgusNIDN0015086302
Uncontrolled Keywords: CPPOB, Quality Control
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Rizatul Jannah
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:01
Last Modified: 22 Jul 2024 08:01
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34721

Actions (login required)

View Item View Item