Analisis Faktor Penyebab Ketidaklengkapan Pengisian Formulir Resume Medis Rawat Inap Di Puskesmas Jelbuk Kabupaten Jember

Rhomadan, Nugraha Surya (2024) Analisis Faktor Penyebab Ketidaklengkapan Pengisian Formulir Resume Medis Rawat Inap Di Puskesmas Jelbuk Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstarct)
ABSTRACT SURYA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (148kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB1 SURYA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (386kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA SURYA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (410kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP SURYA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Ketidaklengkapan pengisian resume medis sering terjadi, salah satunya terjadi di Puskesmas Jelbuk dengan presentase ketidaklengkapannya masih sangat tinggi dan tidak sesuai dengan standar kelengkapan 100% yakni pada Bulan Oktober mencapai angka 57,1%, Bulan November 93,5% dan Bulan Desember sebesar 55.4% sehingga kontinuitas pengobatan pasien terganggu. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor penyebab ketidaklengkapan resume medis rawat inap di Puskesmas Jelbuk berdasarkan faktor kemampuan, motivasi, dan kesempatan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan 7 subjek penelitian meliputi kepala puskesmas, 2 dokter, 2 perawat, dan 2 perekam medis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, USG, dan brainstorming. Hasil dalam penelitian ini yaitu faktor kemampuan yaitu pengetahuan petugas yang kurang terkait standar kelengkapan rekam medis dan tidak pernah mengikuti pelatihan rekam medis. Faktor motivasi yaitu tidak adanya penghargaan kepada petugas apabila mengisi resume medis rawat inap secara lengkap. Faktor kesempatan yaitu terjadi ketidaksesuaian antara uraian tugas dengan tugas yang dikerjakan yakni dokter memiliki tugas tambahan sebagai ketua mutu yang tidak tertuang dalam uraian tugas, kurangnya jumlah dokter, tidak adanya kartu kendali atau checklist kelengkapan rekam medis rawat inap dan kurang rutin dan meratanya sosialisasi SOP pengisian dan penilaian rekam medis. Upaya perbaikan yang didapatkan adalah melakukan penambahan petugas rekam medis yang berkualifikasi pendidikan minimal DIII RMIK, kepala puskesmas mengajukan posisi dokter, perawat, dan petugas rekam medis kepada dinas kesehatan berdasarkan perhitungan beban kerja tenaga kesehatan, dan mengelola anggaran agar dapat mengadakan kegiatan pelatihan internal tentang pengelolaan rekam medis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWijayanti, Rossalina AdiNIDN0719028401
Uncontrolled Keywords: Ketidaklengkapan, Kinerja, Puskesmas, Resume Medis, Rawat Inap
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Tugas Akhir
Depositing User: Nugraha Surya Rhomadan
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:46
Last Modified: 22 Jul 2024 04:46
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34720

Actions (login required)

View Item View Item