Peran Teknik Roasting dalam Membentuk Rasa dan Aroma Kopi Robusta Sebagai Ciri Khas serta Pemasaran Kopi Kare di Kabupaten Madiun

Novitasari, Merlinda (2024) Peran Teknik Roasting dalam Membentuk Rasa dan Aroma Kopi Robusta Sebagai Ciri Khas serta Pemasaran Kopi Kare di Kabupaten Madiun. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (14kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (98kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (71kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Politeknik Negeri Jember merupakan perguruan tinggi negeri vokasi yang metode pembelajaranya adalah 60% praktikum dan 40% teori. Berkaitan dengan hal tersebut, maka salah satu program yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa Politeknik Negeri Jember adalah mengikuti kegiatan magang. Kegiatan magang dilakukan di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kare dibawah naungan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun. BPP Kare sendiri berlokasi di Menangsari, Kuwiran, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Adapun kegiatan magang dilakukan di BPP Kare meliputi Pertemuan rutin GAPOKTAN dan POKTAN, Program Bantuan Sarana dan Prasarana Penguatan Kelembagaan P4S, Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan, Bantuan Langsung Benih Unggul (BLBU) dan pupuk bersubsidi, Gerakan Pengendalian Hama (GERDAL) tikus dan wereng, budidaya pertanian organik di green house BPP Kare, Sekolah Lapang (SL) tanaman kopi, monitoring tanaman tembakau, pengembangan hasil pertanian menjadi produk UMKM. Kopi Kare merupakan produk unggulan UMKM Desa Kare dan merupakan kopi yang ditanam pada kawasan lereng Gunung Wilis, tepatnya di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Saat ini ada sekitar 55 hektare lahan di kawasan Kare yang ditanami kopi. Ketua Kelompok Tani Mugi Lestari Desa Kare sekaligus owner Kopi Kare yaitu Bapak Sumadi mengatakan bahwa salah satu komoditas andalan Desa Kare adalah Kopi Kare. Kopi Kare sendiri juga merupakan produk unggulan UMKM dari Desa Kare, Kabupaten Madiun yang konon sudah ada sejak tahun 1880an dan menjadi salah satu kopi tertua di Indonesia. Adapun langkah-langkah proses roasting Kopi Kare meliputi proses sortasi biji greenbean, pemanasan mesin roasting, proses roasting Kopi Kare, dan pendinginan. Kegiatan roasting Kopi Kare dapat menciptakan rasa dan aroma yang khas di lidah penikmat kopi. Salah satu ciri khas Kopi Kare dari segi rasa adalah kopi dengan rasa rempah-rempah. Selain itu dari segi aroma adalah tercium aroma pahit kopi robusta yang lebih melekat dibandingkan dengan kopi lainnya. Kualitas Kopi Kare yang sudah tidak diragukan lagi ternyata menembus pemasaran lokal maupun internasional. Berbagai langkah strategi pemasaran tentu sudah dilalui melalui offline dan online. Pemasaran Kopi Kare secara offline contohnya di swalayan indomaret, Kopi Kakak, Kedai Oleh-Oleh Dipo, dan mengikuti berbagai bazar UMKM. Sedangkan untuk pemasaran online contohnya di e-commerce shopee dan Instagram. Berbagai strategi pemasaran meningkatkan hasil penjualan secara signifikan pada Kopi Kare dengan banyaknya permintaan dari konsumen saat ini.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFibriani, SuwindaNIDN0014029503
Uncontrolled Keywords: Proses Roasting, Kopi Robusta, Pemasaran
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis (PSDKU Nganjuk) > PKL
Depositing User: Merlinda Novitasari
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:24
Last Modified: 23 Jul 2024 01:25
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34629

Actions (login required)

View Item View Item