Manajemen Prosesing Pascapanen Benih Kacang Panjang (Vigna Sinensis L.) Varietas OT 57 Pada PT. Wira Agro Nusantara Sejahtera Kecamatan Pare Kabupaten Kediri

Wijayanti, Evita Putri (2024) Manajemen Prosesing Pascapanen Benih Kacang Panjang (Vigna Sinensis L.) Varietas OT 57 Pada PT. Wira Agro Nusantara Sejahtera Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan_Evita putri w.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (331kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 _Evita putri w.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (375kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_ Evita Putri.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (375kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
full text_merged.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Laporan magang ini berjudul “Manajemen Prosesing Pascapanen Benih Kacang Panjang ( Vigna Sinensis L.) Varietas OT 57 Pada Pt. Wira Agro Nusantara Sejahtera Kecamatan Pare Kabupaten Kediri” yang disusun oleh Evita Putri Wijayanti NIM D31212121, tahun 2024, Manajemen Agribisnis Politeknik Negeri Jember, dengan Dosen Pembimbing Drs. Suyitno M,M dan pembimbing lapang Dwiki Hermawan A, Md. Program magang merupakan salah satu kegiatan mahasiswa secara langsung dan nyata dalam kegiatan profesi pada suatu lembaga atau instansi yang mencangkup proses belajar berdasarkan pengalaman diluar sistem belajar secara teori maupun praktik di kampus. Kegiatan magang dilaksanakan kurang lebih 4 bulan atau setara dengan 725 jam kerja di perusahaan PT Wira Agro Nusantara Sejahtera. Tujuan khusus kegiatan magang ini adalah mampu menjelaskan secara langsung pelaksanaan pemrosesan benih kacang panjang yang terdiri dari WIP 1 sampai WIP 5 dan menciptakan keterampilan mahasiswa pada proses produksi, quality control, pemasaran produk, alur distribusi pemasaran, manajemen sumber daya manusia di PT Wira Agro Nusantara Sejahtera. PT Wira Agro Nusantara Sejahtera merupakan perusahaan dalam negeri yang bergerak pada bidang pertanian, bidang usaha yang dilakukan meliputi pengembangan agribisnis terutama dalam produksi benih tanaman holtikultura serta perusahaan penyedia sarana pertanian (pupuk, pestisida, mulsa, tali PE dll). Pemrosesan benih kacang panjang varietas OT57 melalui beberapa tahapan yang meliputi pemanenan, pengangkutan, penjemuran, sortasi manual, penjemuran dan treatment, hingga masuk ke dalam gudang peyimpanan. WIP (Work In Proces) merupakan proses dari barang setengah jadi menjadi barang jadi. WIP 1 merupakan tahap awal menuju barang jadi. PT Wira Agro Nusantara Sejahtera menghasilkan panen kacang panjang untuk benih induk berupa gelondong maupun ose. Panen dapat diperoleh dari divisi produksi dan dari mitra tani. Gelondong merupakan hasil panen kacang panjang yang masih terbungkus kulit atau polong kacang sedangkan ose sudah berupa benih yang terkupas atau dipisahkan dari polong. WIP 1 meliputi pemanenan, pengangkutan, ekstraksi atau prontok dan penjemuran. WIP 2 dalam PT Wira Agro Nusantara Sejahtera ini meliputi grading. Grding merupakan tahapan kedua menuju barang jadi. Pada PT.Wira Agro Nusantara Sejahtera hasil kacang panjang yang sudah dalam bentuk ose atau sudah terpisah dengan kulit polongnya kemudian dilakukan kegiatan grading menggunakan mesin grading. Mesin grading memiliki 3 grade yaitu grade besar (A), grade sedang (B), dan grade kecil (C). WIP 3 merupakan tahapan ketiga dalam proses pembuatan benih jadi. Setelah dilakukan kegiatan grading pada kacang panjang maka dilakukan sortasi manual. Adapun WIP 4 dan WIP 5 merupakan tahapan pengeringan dan seed treatment oleh benih kacang panjang. Setelah melalui proses WIP 1 – WIP 5 maka dilakukan fumigasi untuk mencegah adanya serangga atau hama gudang pada saat penyimpanan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuyitno, Suyitno0015036301
Uncontrolled Keywords: prosesing pascapanen benih kacang panjang varietas OT 57
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis (PSDKU Nganjuk) > PKL
Depositing User: EVITA PUTRI WIJAYANTI
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:39
Last Modified: 19 Jul 2024 07:39
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34605

Actions (login required)

View Item View Item