Analisis Kelayakan Finansial Budidaya Tomat Cherry Holiday Merah Di Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan, Malang

Irfani, Hauzan Nadhifa (2024) Analisis Kelayakan Finansial Budidaya Tomat Cherry Holiday Merah Di Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan, Malang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (90kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (228kB)
[img] Text (Full Text)
D31212066_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (142kB)

Abstract

Magang merupakan suatu kegiatan yang dilakukan mahasiswa dalam upaya untuk memperoleh pengetahuan baru dan pengalaman praktek kerja. Mahasiswa Politeknik Negeri Jember mengikuti kegiatan magang dimulai pada tanggal 01 Maret 2024 – 30 Juni 2024. Adanya kegiatan magang di Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan Lawang, diharapkan dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang kondisi nyata yang ada dalam dunia pertanian dan memberikan kemampuan bagi mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi yang ditempuh. Balai Besar Pelatihan (BBPP) Ketindan Lawang merupakan salah satu instansi yang bergerak di bidang pertanian. BBPP Ketindan mempunyai tugas pokok melaksanakan dan mengembangkan pelatihan teknis, fungsional dan kewirausahaan di bidang pertanian bagi aparatur dan non aparatur pertanian. Tidak hanya itu, BBPP Ketindan juga melakukan budidaya dengan beberapa jenis tanaman seperti stroberi, paprika, melon dan tomat. Analisis kelayakan finansial merupakan penelitian yang dilakukan secara mendalam guna menentukan kelayakan dari Suatu jenis usaha yang akan dijalankan. Menganalisis kelayakan finansial bertujuan untuk menentukan apakah suatu usaha budidaya tanaman tomat cherry holiday merah pada Smart Greenhouse (SGH) di BBPP Ketindan layak atau tidak untuk dijalankan apabila dilihat dari sisi ekonomi. Analisis kelayakan finansial yang digunakan meliputi, BEP, R/C Ratio, dan B/C Ratio. Hasil kelayakan finansial budidaya tomat cherry holiday merah diperoleh nilai BEP (Produksi) sebanyak 5.178 Kg dengan total produksi 11.060 Kg, BEP (Harga) sebesar Rp. 20.135 dengan harga jual Rp. 43.000, R/C Ratio sebesar 2,13 dan B/C Ratio sebesar 1,13. Dari hasil analisis kelayakan finansial budidaya tanaman tomat cherry holiday merah di SGH menguntungkan dan layak ntuk dijalankan atau dikembangkan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMalika, Uyun ErmaNIDN0008018802
Uncontrolled Keywords: Analisis Kelayakan Finansial Budidaya Tomat Cherry Holiday Merah Di Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan, Malang
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Perpustakaan > Lap.PKL
Depositing User: Hauzan Nadhifa Irfani
Date Deposited: 18 Jul 2024 05:39
Last Modified: 18 Jul 2024 05:39
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34396

Actions (login required)

View Item View Item