Manajemen Budidaya PC KTG Varietas Bululawang di PT Sinergi Gula Nusantara Unit Pabrik Gula Glenmore Banyuwangi

Rika, Dwi Hima (2024) Manajemen Budidaya PC KTG Varietas Bululawang di PT Sinergi Gula Nusantara Unit Pabrik Gula Glenmore Banyuwangi. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (189kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (204kB)
[img] Text (Full Text)
D31210070_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (186kB)

Abstract

Magang merupakan salah satu program pendidikan di Politeknik Negeri Jember yang dilaksanakan pada semester VI sebagai salah satu syarat kelulusan yang bertujuan untuk memperkenalkan dan mengembangkan kemampuan mahasiswa/i dalam dunia kerja. Pada kesempatan kali ini penulis berkesempatan untuk melakukan kegiatan magang di PT Sinergi Gula Nusantara Unit Pabrik Gula Glenmore Banyuwangi yang berlokasi di Kecamatan Glenmore Banyuwangi agar dapat mengetahui teknik budidaya tebu. PT Sinergi Gula Nusantara Unit Pabrik Gula Glenmore Banyuwangi (PT SGN Unit PG Glenmore Banyuwangi) adalah Sub Holding Komoditi Gula PTPN III (Persero) Holding Perkebunan yang ditugaskan untuk mengelola seluruh Pabrik Gula yang ada di lingkungan PTPN Group. PT SGN Unit PG Glenmore Banyuwangi terletak di Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi dan bergerak di bidang industri gula pasir kristal putih yang dalam keseluruhan proses produksinya menggunakan teknologi modern. PT SGN Unit PG Glenmore Banyuwangi sendiri memiliki 2 kegiatan dalam satu tahun yaitu tahap produksi gula selama kurang lebih 150 hari dan sisanya pada tahap maintenance mesin. Budidaya tanaman tebu terdiri dari 2 yaitu budidaya tebu tanam (Plant Cane) dan tebu keprasan (Ratoon Cane). Budidaya tebu tanam (Plant Cane) yaitu bibit tebu ditanam sehingga perlu dilakukan penyiapan lahan dan pengolahan tanah agar tebu tumbuh secara maksimum, sedangkan budidaya (Ratoon Cane) keprasan yaitu dengan memanfaatkan tunas yang tumbuh dari tunggak pada lahan setelah tebu di tebang, budidaya keprasan tidak membutuhkan proses pengolahan tanah sehingga biaya lebih efisien. Kebun Tebu Giling (KTG) merupakan kebun tebu yang disiapkan khusus untuk dipanen dan diolah di PT Sinergi Gula Nusantara. Varietas tebu yang digunakan untuk KTG yaitu Bululawang. Proses budidaya Kebun Tebu Giling (KTG) dimulai dari persiapan lahan secara mekanisasi yang meliputi bajak 1, bajak 2 dan kairan/juringan, kemudian pembuatan got, pembibitan, penanaman dan pemeliharaan yang meliputi pengairan, pemupukan, penyulaman, turun tanah, pembumbunan, pengendalian hama dan penyakit, pengendalian gulma, klentek dan ikat tebu.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWiyono, Luluk CahyoNIDN0027067907
Uncontrolled Keywords: Manajemen Budidaya PC KTG Varietas Bululawang di PT Sinergi Gula Nusantara Unit Pabrik Gula Glenmore Banyuwangi
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Dwi Hima Rika
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:42
Last Modified: 18 Jul 2024 03:43
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34389

Actions (login required)

View Item View Item