Pemanfaatan Galon Bekas Sebagai Wadah Tanam Di Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan Kabupaten Bondowoso

Zulaiman, Dendi Rizki (2024) Pemanfaatan Galon Bekas Sebagai Wadah Tanam Di Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan Kabupaten Bondowoso. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (166kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (176kB)
[img] Text (Full text)
D31211864_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (201kB)

Abstract

Kegiatan magang merupakan salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa semester VI di Politeknik Negeri Jember. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Dengan adanya kegiatan magang ini, diharapkan mahasiswa mampu menerapkan teori-teori yang diperoleh selama kuliah dan mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di dunia kerja. Lokasi magang pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan terletak di Jl. Mastrip No. 1, Nangkaan Timur, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso. Dinas Pertanian Bondowoso memiliki tugas otonomi dan membantu masyarakat di bidang pertanian, perkebunan, dan hortikultura. Dinas pertanian terus berinovasi dan mencari peluang baru untuk mengembangkan hasil pertanian di Bondowoso. Salah satu inovasi dari dinas pertanian yang telah dilaksanakan yaitu memanfaatkan limbah plastik untuk pembuatan Wadah tanam yaitu pemanfaatan galon bekas sebagai Wadah tanam cabai. Pemanfaatan galon bekas sebagai Wadah tanam adalah cara kreatif untuk mendaur ulang barang bekas menjadi pot tanaman. Ini membantu mengurangi limbah plastik dan menyediakan alternatif hemat biaya untuk berkebun, terutama di lahan terbatas. Galon bekas dapat digunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman, mendukung praktik berkebun yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Proses pembuatan galon bekas sebagai Wadah tanam dilakukan dengan persiapan bahan baku, lalu tahap pertama dilakukan pemotongan galon, ,melakukan pelubangan pada galon, pembuatan saluran irigasi pada galon, penuangan tanah dan air, selanjutnya penanaman bibit cabai pada Wadah tanam dari galon bekas yang telah siap digunakan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorLestari, DatikNIDN00108910
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Galon Bekas Sebagai Wadah Tanam Di Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan Kabupaten Bondowoso
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Dendi Rizki Zulaiman
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:04
Last Modified: 22 Jul 2024 08:04
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34228

Actions (login required)

View Item View Item