Manajemen Pemasaran Ikan Patin Konsumsi Pada Bidang Perikanan Di Balai Benih Ikan Dinas Peternakan Dan Perikanan Kabupaten Bondowoso

Putri, Winda Dwiayu (2024) Manajemen Pemasaran Ikan Patin Konsumsi Pada Bidang Perikanan Di Balai Benih Ikan Dinas Peternakan Dan Perikanan Kabupaten Bondowoso. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (183kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (307kB)
[img] Text (Full text)
D31210644_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (182kB)

Abstract

Ikan patin (Pangasius sp) adalah salah satu spesies ikan yang berasal dari perikanan tawar memiliki nilai ekonomis tinggi. Ikan patin ini termasuk famili pangasidae umumnya banyak ditemukan di daerah Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Dengan rasa dagingnya yang lezat dan mengandung komposisi gizi yaitu protein yang cukup tinggi terutama asam amino, asam lemak tak jenuh sehingga aman untuk dikonsumsi dengan kandungan kolesterol yang rendah. Ikan patin konsumsi merupakan hasil dari pemeliharaan yang dilakukan secara alami dan melalui tahap tahap yang terstruktur, sehingga menghasilkan ikan ikan patin konsumsi yang memiliki kualitas tinggi dan sangat diminati masyarakat lokal. Ikan patin konsumsi yang terdapat di Balai Benih Ikan yang dikelola oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bondowoso ini merupakan ikan yang sehat, segar dan tidak terserang hama dan penyakit. Dikemas rapi dengan menggunakan styrofoam dilengkapi plastik wrap dengan netto 1kg, sehingga tidak mudah rusak. Harga ikan patin konsumsi ini sebesar Rp. 30.000/kg. Manajemen Pemasaran ikan patin konsumsi pada bidang perikanan ini memiliki perencanaan yang baik dalam waktu jangka panjang sehingga dapat tercapai tujuan yang telah ditentukan, pengorganisasian dilakukan dalam setiap bagian-bagian dimulai dari pengambilan atau pengangkutan ikan, penyimpanan, pengemasan hingga pemasaran, pengarahan yang dilakukan mengacu pada perencanaan berdasarkan pengawasan dengan cara mengontrol setiap bagian-bagian yang terbentuk dalam struktur pemasaran ikan patin konsumsi. Pemasaran yang dilakukan yaitu secara langsung di Balai Benih Ikan, konsumen datang langsung ke lokasi. Selain itu dilakukan secara tidak langsung dimana pihak Balai Benih Ikan melalui perantara bidang lain hingga tersampaikan pada konsumen.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNadhirah, Aulia0001119305
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemasaran Ikan Patin Konsumsi Pada Bidang Perikanan Di Balai Benih Ikan Dinas Peternakan Dan Perikanan Kabupaten Bondowoso
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Winda Dwiayu Putri
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:15
Last Modified: 11 Jul 2024 07:15
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33940

Actions (login required)

View Item View Item