Muzahidin, Fikry Maulana (2024) Pemetaan Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Lumajang Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (221kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (197kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (183kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
E41201209_Fikry Maulana Muzahidin_Laporan Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Jumlah penduduk di Indonesia terus mengalami peningkatan di setiap tahunnya, termasuk di Kabupaten Lumajang. Pertumbuhan penduduk dapat berdampak pada kondisi lalu lintas. Kabupaten Lumajang dilintasi jalan nasional dengan karakteristik lalu lintas yang padat. Kepadatan lalu lintas ini dapat menimbulkan jumlah kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Lumajang yang tinggi. Pada tahun 2018, tercatat total 506 kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kabupaten Lumajang. Pada tahun 2019 mengalami peningkatan dengan total terjadi 601 kecelakaan yang tercatat oleh Unit Laka Sat Lantas Polres Lumajang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan membangun sistem informasi geografis pemetaan daerah rawan kecelakaan di Kabupaten Lumajang. Pemetaan dilakukan menggunakan metode fuzzy mamdani dengan variabel input yaitu waktu kejadian, kondisi kecelakaan, kondisi cahaya, dan bentuk geometri yang menghasilkan variabel output yaitu tingkat kerawanan yang terdiri dari aman, rawan, dan sangat rawan. Perbandingan hasil perhitungan manual dilakukan dengan memasukkan nilai waktu kejadian, kondisi kecelakaan, kondisi cahaya, dan bentuk geometri yang sama untuk mengetahui hasil perhitungan fuzzy mamdani. Perbandingan hasil perhitungan pada excel dengan sistem mendapatkan nilai rata-rata akurasi sebesar 100%. Sedangkan perbandingan sistem dengan matlab mendapatkan hasil nilai rata-rata dari selisih nilai error sebesar 2.2% serta akurasi sebesar 97.8%. Pengujian sistem menggunakan metode User Acceptance Test (UAT) mendapatkan hasil sangat baik dan telah memenuhi kebutuhan pengguna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pemetaan, Kecelakaan Lalu Lintas, Fuzzy Mamdani, Sistem Informasi Geografis | ||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi |
||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Fikry Maulana Muzahidin | ||||||
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:40 | ||||||
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:41 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33920 |
Actions (login required)
View Item |