Proses Petik Pucuk Teh (Camellia sinensis L.) Secara Manual Di PT.Perkebunan Nusantara 1 Regional 5 Unit Kebun Wonosari Afdeling Gebug Lor Malang

Anggraini, Silvia (2024) Proses Petik Pucuk Teh (Camellia sinensis L.) Secara Manual Di PT.Perkebunan Nusantara 1 Regional 5 Unit Kebun Wonosari Afdeling Gebug Lor Malang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (716kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Purtaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (733kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan Magang dilaksanakan selama selama 4 bulan dimulai pada tanggal 29 Januari 2024 – 24 Mei 2024 di PTPN I Regional 5 Kebun Teh Wonosari Malang. Kegiatan magang ini bertujuan untuk menambah wawasan, meningkatkan pengetahuan, dan pengalaman kerja. Pelaksanaan kegiatan Magang ini dilakukan dengan metode kerja lapang (field work), demonstrasi mandor, observasi, wawancara, dokumentasi, literasi digital dan pustaka. Proses kegiatan Magang di Kebun Wonosari dilakukan di Afdeling Gebug Lor dan Pabrik Pengolahan CTC (Crushing, Tearing, Curling). Pelaksanaan kegiatan ini meliputi manajemen tanaman teh, diantaranya pemeliharaan tanaman menghasilkan, pemangkasan, pemanenan pucuk, dan pengolahan teh hitam metode CTC, serta pengelolaan tenaga kerja dan administrasi pada tingkat Afdeling. Pemetikan merupakan kegiatan pengambilan hasil dari tanaman teh baik berupa pucuk peko maupun pucuk burung yang memenuhi syarat untuk dilakukan pengolahan. Kegiatan pemetikan juga bertujuan untuk membentuk bidang petik tanaman agar mampu berproduksi dengan maksimal dan berkelanjutan. Pemetikan tanaman teh dapat dilakukan secara manual dan mekanis dengan menggunakan mesin petik pucuk teh. Pemetikan manual yang dilakukan di Kebun Afdeling Gebug Lor secara manual menggunakan jari-jari tangan (dengan jari telunjuk dan ibu jari/jempol), satu per satu pucuk teh dipetik. Pemetik pucuk manual melengkapi diri dengan pisau kecil untuk memudahkan pemetikan pucuk tua serta merapikan bidang petik. Umumnya prestasi kerja untuk pemetik sebanyak 20 kg per hari, namun kenyataan di lapang satu orang pemetik mampu memetik pucuk sebanyak 40 – 100 kg dalam satu kali timbang. Proses pengelolaan petikan pucuk teh secara manual itu dengan memperhatikan rumus petikan teh, taksasi teh, gilir petik, hanca petik, analisa petik, inspeksi bidang petik dan ketenagakerjaan yang sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMadjid, AbdulNIP195906121987031001
Uncontrolled Keywords: Petik Pucuk Teh Secara Manual
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Silvia Anggraini
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:27
Last Modified: 16 Jul 2024 07:28
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33886

Actions (login required)

View Item View Item