Perancangan dan Implementasi Aplikasi E-learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Fitur Virtual Assistant (VA)

Febriani, Yuyun Ine (2024) Perancangan dan Implementasi Aplikasi E-learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Fitur Virtual Assistant (VA). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (12kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (38kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (73kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Perancangan dan Implementasi Aplikasi E-learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Fitur Virtual Assistant (VA), Yuyun Ine Febriani, NIM E31210592, Tahun 2024, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Faisal Lutfi Afriansyah, S.Kom, MT.(Dosen Pembimbing). Menurut Ardiansyah (2020), E-learning merupakan teknologi yang menggunakan internet sebagai pendukung kegiatan pembelajaran, sehingga dapat memungkinkan sekolah atau perguruan tinggi mengubah proses belajar mengajar ke dalam format digital melalui teknologi internet. E-learning merupakan prosedur pembelajaran melalui daring yang menerapkan konsep pembelajaran teknologi. Prosedur ini tidak memerlukan materi pembelajaran berbentuk kertas. Penerapan pembelajaran elektronik atau e-learning menjadi pembelajaran penting karena dianggap dapat mengubah metode pembelajaran tradisional menjadi digital. Saat ini, sistem pembelajaran di SMK Negeri Ngambon masih menggunakan metode manual atau konvensional, di mana seorang guru mengajar di dalam kelas dengan menggunakan buku pelajaran sebagai bahan acuan dalam proses belajar mengajar. Demikian pula, penyampaian materi mata pelajaran dan tugas-tugas yang harus di baca dan di pelajari oleh siswa memerlukan waktu yang relatif singkat atau terbatas. Dalam metode pembelajaran ini, siswa masih banyak menghadapi banyak kekurangan. Berhubungan dengan masalah tersebut, SMK Negeri Ngambon perlu sedikit menyesuaikan gaya kegiatan belajar mengajarnya. Terlebih lagi, pada era kemajuan teknologi saat ini, variasi metode yang lebih memberikan peluang untuk belajar dibutuhkan. Oleh karena itu, sebagai peneliti, saya menawarkan solusi dengan membuat Perancangan dan Implementasi Aplikasi E-learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Fitur Virtual Assistant (VA). Pembelajaran yang diperlukan melibatkan integrasi teknologi informasi, tetapi tetap mempertahankan interaksi langsung antara pengajar dan penggunaan sumber belajar yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAfriansyah, Faisal LutfiNIDN0029049102
Uncontrolled Keywords: E-learning, Teknologi Informasi, Pendidikan, Pembelajaran Digital, Virtual Assistant
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Yuyun Ine Febriani
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:26
Last Modified: 16 Jul 2024 03:26
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33818

Actions (login required)

View Item View Item