Pengaruh Komposisi Jenis Media Tanam dan Konsentrasi POC Biophosphat Kambing terhadap Pertumbuhan Bibit Tanaman Alpukat Aligator (Persea americana)

Rohman, Ahmad Zakqi Nabiul (2024) Pengaruh Komposisi Jenis Media Tanam dan Konsentrasi POC Biophosphat Kambing terhadap Pertumbuhan Bibit Tanaman Alpukat Aligator (Persea americana). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (260kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (268kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (369kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan buah alpukat di Indonesia memiliki prospek yang baik, produksi alpukat mengalami peningkatan nasional menunjukkan bahwa produksi buah alpukat terus meningkat. Fluktuasi produktivitas dan kualitas buah yang dihasilkan dapat dilakukan dengan menggunakan bahan tanaman yang lebih baik untuk perbanyakan tanaman secara vegetatif yaitu dengan teknik sambung pucuk (grafting). Pembudidayaan alpukat setelah grafting diawali dengan dengan pemindahan ke polybag yang baru, pemupukan diperlukan pada masa pertumbuhan, hal ini agar tanaman dapat tumbuh dan dapat segera dipindah ke lahan. Pupuk Organik Cair (POC) berbahan dasar fosfat alam yang dapat melarutkan nutrisi sehingga mampu diserap oleh tanaman. Media tanam juga sangat berpengaruh dalam pembudidayaan buah alpukat, seperti media sekam, pupuk kandang dan top soil. Berdasarkan uraian tersebut maka dilakukan penelitian terhadap penggunaan perbandingan komposisi media tanam dengan perbandingan yang berbeda-beda sehingga diharapkan memberikan pengaruh dalam pertumbuhan dan hasil bibit grafting tanaman alpukat. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Kawat yang terletak di Politeknik Negeri Jember, pada bulan Agustus - Oktober 2023. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) 2 faktorial. Faktor pertama yaitu komposisi jenis media tanam dengan 3 perlakuan antara lain P1 : top soil : sekam mentah : pukan (2:1:1) ; P2 : top soil : sekam mentah : pukan (3:1:2); P3 : top soil : sekam mentah : pukan (2:1:2). Faktor keduakonsentrasi POC Biophosphat kambing dengan 3 perlakuan antara lain K1 : Konsentrasi 2 ml/L; K2 : Konsentrasi 4ml/L; K3 : 5 ml/L.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan sidik ragam (ANOVA). Apabila dalam perlakuan terdapat perbedaan yang nyata terhadap variable yang diamati dilakukan uji lanjut menggunakan Duncan Multiple Range Test (DMRT) dengn taraf nyata 5% dan 1%. Hasil penelitian setelah dilakukan uji sidik ragam anova memberikan hasil pengaruh yang berbeda nyata pada faktor komposisi jenis media tanam pada jumlah daun, dan pada faktor konsentrasi POC biophosphat kambing pada diameter batang, serta pada interaksi komposisi jenis media tanam dan konsentrasi POC biophosphat kambing pada tinggi tanaman, dan jumlah daun. Perlakuan komposisi jenis media tanam memberikan pengaruh yang nyata pada jumlah daun dengan nilai terbaik sebesar 18,39–19,00 pada perlakuan perbandingan media tanam 2:1:1, perlakuan konsentrasi POC biophosphatkambing memberikan pengaruh yang nyata pada diameter batang dengan nilai terbaik sebesar 7,92 pada perlakuan 5 ml/L air, dan interaksi perlakuan memberikan pengaruh yang nyata padatinggi tanaman dengan nilai terbaik 52,40 pada minggu ke-12, serta jumlah daun dengan nilai terbaik 22,83 pada minggu ke-12.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFirgiyanto, RefaNIDN0726039002
Uncontrolled Keywords: Bibit tanaman Alpukat Aligator, POC Biophosphat Kambung
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Tugas Akhir
Depositing User: Ahmad Zakqi Nabiul Rohman
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:57
Last Modified: 09 Jul 2024 08:58
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33762

Actions (login required)

View Item View Item