Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kualitas Ayam Broiler Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Hosniah, Khoiyimatul (2024) Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kualitas Ayam Broiler Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (234kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (210kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (204kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kualitas Ayam Broiler Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP), Khoiyimatul Hosniah, Nim E31210400, Tahun 2024, 79 hlm., Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Hendra Yufit Riskiawan, S.Kom, M.Cs.(Dosen Pembimbing). Peternak ayam pedaging (broiler) sering kali menghadapi kesulitan dalam menilai kualitas ayam broiler dalam satu kandang karena banyaknya jumlah ayam sehingga mengurangi potensi keuntungan peternak. Kualitas ayam broiler merupakan faktor penting yang mempengaruhi harga jual dan reputasi produsen. Namun, menentukan kualitas ayam broiler secara manual bisa menjadi tantangan dan memakan banyak waktu, terutama ketika dilakukan dalam jumlah yang besar. Oleh sebab itu, penulis akan membangun sebuah sistem pendukung keputusan untuk menentukan kualitas ayam broiler terbaik yang memberikan informasi untuk peternak ayam broiler mengenai kualitas ayam broiler terbaik. Sistem ini dikembangkan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan mempertimbangkan kriteria yang telah ditetapkan. Analytical Hierarchy Process (AHP) adalah salah satu metode yang diterapkan dalam Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk menetapkan prioritas keputusan dengan memanfaatkan pendekatan berstruktur hierarki. Metode ini digunakan sebagai perbandingan beberapa kriteria yang berbeda dan menetapkan nilai relatif terhadap masing-masing kriteria tersebut. Sehingga diharapkan dengan sistem ini, peternak dapat lebih mudah dan cepat dalam menilai ayam broiler untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRiskiawan, Hendra YufitNIDN0003028302
Uncontrolled Keywords: sistem pendukung keputusan,ayam broiler,kualitas ayam,analytical hierarchy process,AHP,MIF,black box testing,mean absolute error
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Khoiyimatul Hosniah
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:56
Last Modified: 10 Jul 2024 07:57
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33716

Actions (login required)

View Item View Item