Aplikasi Beberapa Macam Pupuk Daun Pada Tahap Aklimatisasi Terhadap Pertumbuhan Aggrek Bulan (Phalaenopsis Amabilis Var. Aurea)

Saputri, Erlita Dwi (2023) Aplikasi Beberapa Macam Pupuk Daun Pada Tahap Aklimatisasi Terhadap Pertumbuhan Aggrek Bulan (Phalaenopsis Amabilis Var. Aurea). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
A31210006 Erlita Dwi Saputri.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
A31210006 Erlita Dwi Saputri.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (109kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
A31210006 Erlita Dwi Saputri.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (48kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A31210006 Erlita Dwi Saputri.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis var. aurea) merupakan tanaman yang popular dikalangan masyarakat bahkan sudah banyak kolektor yang mengoleksinya. Produksi tanaman anggrek yang semakin menurun tetapi tidak di imbangi oleh ketersediaan mengakibatkan jumlah impor terus meningkat. Tanaman anggrek bulan merupakan tanaman batang semu sehingga tidak bisa dilakukan perbanyakan degan sistem stek batang, cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan memisahkan anakan, namun memerlukan waktu yang cukup lama karena tanaman anggrek memiliki pertumbuhan yang sangat lambat. Untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman anggrek, dilakukan penelitian ini untuk mendapatkan jenis pupuk daun yang berpengaruh terhadap pertumbuhan anggrek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis pupuk daun yang berpengaruh terhadap peningkatan pertumbuhan tanaman anggrek bulan varietasaurea. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 03 Agustus 2023 di Green House Tanaman Hias Politeknik Negeri Jember. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) Non-Faktorial yang terdiri atas 3 perlakuan penambahan pupuk daun, yaitu (P1) pemberian pupuk Grow Quick LB,(P2) pemberian pupuk Multitonik, dan (P3) pemberian pupuk Gaviota. Berdasarkan data dan pembahasan didapatkan bahwa berbagai jenis pupuk daun berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman anggrek bulan varietas aurea. Perlakuan pemberian pupuk Grow Quick LB (P1) memiliki nilai rata-rata tertinggi terhadap pertumbuhan panjang daun, lebar daun, jumlah akar, panjang akar, dan diameter batang. Hal ini dikarenakan pupuk Grow Quick LB merupakan pupuk booster yang dapat memacu pertumbuhan dari tanaman anggrek pada fase generatif, selain itu juga mengandung unsur hara nitrogen lebih banyak dibandingkan dengan pupuk lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRohman, Hanif FaturNIDN0030119102
Uncontrolled Keywords: Anggrek Bulan, Aklimatisasi, Pupuk Daun, Grow Quick LB, Multitonik, Gaviota.
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Tugas Akhir
Depositing User: Saputri Erlita Dwi
Date Deposited: 17 Jul 2024 05:47
Last Modified: 17 Jul 2024 05:48
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33698

Actions (login required)

View Item View Item