Pengaruh Interval Pemberian Pupuk Organik Cair Urine Kambing Dan Kombinasi Media Tanam Pada Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Pegagan (Centella Asiatica L.)

Imam, Bahrul (2024) Pengaruh Interval Pemberian Pupuk Organik Cair Urine Kambing Dan Kombinasi Media Tanam Pada Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Pegagan (Centella Asiatica L.). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (170kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (54kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (163kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pegagan atau Centella asiatica merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berkhasiat sebagai obat. Daun dan batangnya mengandung bahan kimia, termasuk asiaticoside, yang berguna untuk menyembuhkan luka dan melawan kusta, Tanaman pegagan akan tumbuh subur di media tanam dengan air yang cukup sebagai pelarut hara, penyusun protoplasma, bahan baku fotosintesis dan lain sebagainya dan juga membutuhkan usur hara yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman ini. Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh interval pemberian POC urine kambing dan kombinasi media tanam pada pertumbuhan tanaman pegagan, dan diharapkan dapat mengatasi permasalahan dalam budidaya tanaman pegagan dalam industri tanaman obat dan dapat memaksimalkan penggunaan pupuk organik dalam upaya mengurangi penggunaan pupuk anorganik. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode RAK (Rancangan Acak Lengkap) yang terdiri dari 2 faktor yaitu: Faktor 1 kombinasi media tanam tanah+arang sekam + pupuk kendang sapi terdiri dari 3 taraf perlakuan perlakuan antara lain; P0: 1:1:1, P1: 1:2:1 dan P2: 1:1:2. Faktor 2 interval pemberian POC urine kambing yang terdiri dari 3 taraf yaitu: I0: interval 7 hari sekali, 1: interval 4 hari sekali dan I2: interval 14 hari sekali, Penelitian ini terdiri dari 9 kombinasi perlakuan dengan 3 kali ulangan sehingga menghasilkan 27 perlakuan. Setiap kombinasi perlakuan terdiri 2 polibag dengan total 54 unit pengamatan dan masing-masing polibag berisi 2 dari tanaman, sehingga total keseluruhan tanaman adalah 108 tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor perbandingan kombinasi media tanam dan faktor interval pemberian POC urine kambing tidak memberikan pengaruh nyata pada seluruh parameter pengamatan, dan interaksi antara perbandingan kombinasi media tanam dan interval pemberian POC urine kambing memberikan pengaruh nyata pada perlakuan P0I1 (Perbandingan media tanah, arang sekam dan pupuk kendang sapi 1:1:1 dan interval pemberian POC urine kambing 4 hari sekali).

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFirgiyanto, RefaNIDN0726039002
Uncontrolled Keywords: Pegagan, POC Urin Kambing, Komposisi Media Tanam.
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 151 - Ilmu Tanah
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Tugas Akhir
Depositing User: Bahrul Imam
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:18
Last Modified: 08 Jul 2024 03:19
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33619

Actions (login required)

View Item View Item