Analisis Usaha Teh Mawar Di Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk

Arion, Ahmad Davisto (2024) Analisis Usaha Teh Mawar Di Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. Diploma thesis, Polieknik Negeri Jmber.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (490kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (687kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pusaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (709kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Teh mawar merupakan minuman herbal yang terbuat dari kelopak mawar yang dikeringkan yang kemudian dikemas dalam kantung teh dan kemasan toples jar. Banyaknya petani mawar di Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk yang mawarnya belum dipasarkan secara optimal membuat dasar dibuatnya produk olahan teh mawar ini untuk menambah nilai jual mawar di Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. Produk ini menggunakan mawar sebagai bahan utamanya, memiliki rasa dan aroma yang khas dari mawar. Tujuan tugas akhir ini adalah dapat melakukan proses produksi sampai dengan pengemasan, penerapan bauran pemasaran dan dapat menganalisis usaha pada produk teh mawar. Tugas akhir ini akan dilaksanakan selama 4 bulan yaitu mulai dari bulan Agustus 2023 sampai bulan November 2023 di Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. Produksi teh mawar dilakukan sebanyak 5 kali produksi dengan total 50 kemasan. Proses produksi dilakukan mulai dari persiapan alat dan bahan, pencucian mawar, pemisahan mawar dengan tangkai, penjemuran mawar, penyangraian mawar, pengemasan pada kantung teh hingga proses pengemasan pada toples jar dan pemberian label. Bauran pemasaran yang digunakan adalah 4P yaitu, Produk (Product), Harga (Price), Promosi (Promotion), dan Saluran Pemasaran (Place). Promosi dilakukan secara langsung kepada konsumen melalui mulut ke mulut dan promosi melalui media sosial lewat whatsapp dan instagram. Segmentasi pasar yang digunakan adalah segmentasi geografis, segmentasi demografis, segmentasi psikografis dan segmentasi perilaku. Metode analisis usaha teh mawar yang digunakan adalah Break Even Point (BEP) dan Revenue Cost Ratio (R/C Ratio). Hasil perhitungan dari usaha ini memperoleh nilai BEP (Produk) sebesar 7,95 kemasan dari total 10 kemasan, BEP (Harga) sebesar Rp. 6.358,4/kemasan dari harga jual Rp. 8.000/kemasan dan R/C Ratio sebesar 1,26. Teh mawar sawahan dijual dengan harga Rp. 8.000/kemasan dengan kemasan toples jar yang berisikan 10 kantung teh, setiap kantung teh memiliki berat 2 gram. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa usaha teh mawar sawahan layak untuk dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPristiwaningsih, Estin RosoNIDN0027109601
Uncontrolled Keywords: Teh, Mawar, Sawahan
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 183 - Ekonomi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis (PSDKU Nganjuk) > Tugas Akhir
Depositing User: Ahmad Davisto Arion
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:34
Last Modified: 08 Jul 2024 03:34
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33512

Actions (login required)

View Item View Item