Budidaya Tanaman Tomat Cherry (Solanum lycopersicum Var. sweetie) Hidroponik Dengan Sistem Irigasi Tetes di PT Taman K-Land Indonesia, Pasuruan

Nisa, Laily Nafi'atun (2024) Budidaya Tanaman Tomat Cherry (Solanum lycopersicum Var. sweetie) Hidroponik Dengan Sistem Irigasi Tetes di PT Taman K-Land Indonesia, Pasuruan. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (73kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tomat cherry (Solanum lycopersicum Var. sweetie) merupakan salah satu sayuran komoditas hortikultura yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Komoditas ini selain memiliki rasa yang enak juga memiliki kandungan gizi baik terutama pada vitamin, vitamin yang terkandung dalam tomat cherry ialah vitamin A, dan vitamin C. Produksi tomat cherry saat ini masih memerlukan penanganan yang serius, terutama dalam hal peningkatan hasil dan kualitas buahnya. Menurunnya produksi tomat di Indonesia mungkin disebabkan oleh beberapa faktor antara lain yaitu, kultur teknis yang kurang baik, seperti penggunaan pupuk yang tidak optimal atau irigasi yang tidak memadai, juga dapat mempengaruhi produksi tomat. Selain itu, pemberantasan hama dan penyakit yang kurang efisien juga dapat menjadi faktor penurunan produksi. Sistem hidroponik merupakan salah satu pilihan yang efisien dalam budidaya tanaman tomat cherry. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hasil panen dari sistem hidroponik bisa lima hingga sepuluh kali lipat lebih banyak daripada hasil panen dari sistem budidaya konvensional. Salah satu metode hidroponik yang sesuai untuk tanaman tomat adalah drip irrigation (irigasi tetes). Hasil analisis usaha tani produksi tomat cherry pada 183 tanaman dapat menghasilkan 68 kg dengan keuntungan yang diperoleh yaitu sebesar Rp. 2.054.675. Total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp. 1.456.505 dan total penerimaan diperoleh sebesar Rp. 3.400.000. Nilai R/C Ratio sebesar 2,5 dan B/C Ratio sebesar 1,5. BEP Produksi 26,907 kg dan BEP Harga Rp. 19.784.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSiswadi, EdiNIDN0024086302
Uncontrolled Keywords: Tanaman Tomat Cherry
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > PKL
Depositing User: Laily Nafi'atun Nisa
Date Deposited: 28 Jun 2024 07:45
Last Modified: 05 Jul 2024 02:19
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33258

Actions (login required)

View Item View Item