Penerapan Strategi Customer Relationship Manajement (CRM) untuk Meningkatkan Penjualan Produk Pertanian pada Toko Nusa Dua Agro

Hidayat, Ahmad (2024) Penerapan Strategi Customer Relationship Manajement (CRM) untuk Meningkatkan Penjualan Produk Pertanian pada Toko Nusa Dua Agro. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (33kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (121kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (141kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Nusa Dua Agro merupakan toko pertanian yang terletak di Jl.Koptu Berlian No 115 Ds. Antirogo Kec. Sumbersari, Kab. Jember. Toko Nusa Dua Agro menyediakan kebutuhan pertanian yang diperlukan oleh para petani diantaranya benih, pupuk, pestisida dan alat pertanian. Sejauh ini segala aktivitas bisnis yang dilakukan masih belum terkomputerisasi yaitu masih menggunakan pencatatan kertas baik untuk data transaksi atau penjualan, pengecakan barang, pemasaran serta laporan penjualan yang dicatat pada nota penjualan dan dilakukan rekapitulasi dalam bentuk kertas hal ini menyebabkan proses transaksi menjadi lebih lama. Permasalahan lainnya yaitu Kesulitan dalam takaran pembelian dalam hal ini lebih tertuju kepada barang yang cair seperti obat cair pertanian. Tentunya hal ini akan berkaitan dengan persediaan stok barang yang ada. Permasalahan lainnya yaitu dikarenakan barang atau bahan tani yang djual cukup banyak sehingga karyawan kesulitan dalam mencari barang dan pastinya memerlukan waktu yang cukup banyak. Promosi yang kurang dari tokonya sendiri dan lokasi yang kurang strategis. Dari permasalahan di atas, maka dibuatlah sebuah aplikasi e-commerce dan sistem point of sales (POS) online yang saling terintegrasi dengan menerapkan strategi customer relationship management (CRM) untuk meningkatkan penjualan produk pertanian pada Toko Nusa Dua Agro.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRiskiawan, Hendra YufitNIP198302032006041003
Uncontrolled Keywords: ustomerrelationshipmanagement,laravel,e-commerce,pointofsales,pertanian,flutter,sisteminformasi
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 457 - Teknik Komputer
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 459 - Ilmu Komputer
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 463 - Teknik Perangkat Lunak
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Ahmad Hidayat
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:42
Last Modified: 28 Jun 2024 01:42
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33171

Actions (login required)

View Item View Item