Prospek Usaha Produksi Minuman Sari Bunga Telang (Clitoria ternate L) Di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sidoarjo

Komariyah, Nurul Isti (2024) Prospek Usaha Produksi Minuman Sari Bunga Telang (Clitoria ternate L) Di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sidoarjo. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (293kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (147kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

UPT PATPH Puspa Lebo membudidayakan bermacam-macam produk hortikultura baik sayur maupun buah. Budidaya lainnya yang ada pada UPT PATPH adalah budidaya bunga, salah satunya bunga telang. Bunga telang di UPT PATPH telah di manfaatkan menjadi beberapa produk yang berguna seperti teh celup bunga telang, sirup bunga telang, dan bunga telang gummy jelly, seiring berjalannya waktu tercipta inovasi baru untuk mengolah bunga telang menjadi minuman sari bunga telang. Minuman sari bunga telang adalah minuman yang dihasilkan dari ekstraksi atau perasan bunga telang. Bunga telang memiliki warna biru keunguan alami yang berasal dari pigmen antosianin yang terkandung di dalamnya. Minuman ini sering kali dibuat dengan merebus atau merendam bunga telang dalam air untuk mengekstrak warna dan rasa dari bunga tersebut. Selain memberikan warna biru alami pada minuman, bunga telang juga diketahui mengandung senyawa antioksidan dan memiliki beberapa potensi manfaat kesehatan. Minuman sari bunga telang ini belum memiliki prospek usaha yang terencana. Prospek usaha minuman bunga telang ini dapat di rencanakan dengan melakukan analisis kelayakan usaha yang meliputi total biaya tidak tetap, total biaya tetap, total biaya produksi, harga pokok penjualan, total pendapatan, keuntungan, BEP dan R/C Ratio. Maka dari analisis kelayakan usaha itu bisa diketahui prospek usaha produksi dari minuman sari bunga telang.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWahyono, Nanang DwiNIDN0022085905
Uncontrolled Keywords: Prospek Usaha, Bunga Telang
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Nurul Isti Komariyah
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:44
Last Modified: 12 Jun 2024 02:01
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32767

Actions (login required)

View Item View Item