Korelasi Body Condition Score (BCS) Terhadap Nilai Birahi pada Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein (PFH) di Koperasi Produsen Agro Niaga Jabung Syariah Jawa Timur (KAN Jabung)

Octaviani, Wanda Tita (2024) Korelasi Body Condition Score (BCS) Terhadap Nilai Birahi pada Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein (PFH) di Koperasi Produsen Agro Niaga Jabung Syariah Jawa Timur (KAN Jabung). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (73kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (76kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (95kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kesenjangan antara produksi dengan konsumsi susu masyarakat Indonesia masih cukup tinggi, oleh karena itu diperlukan upaya untuk peningkatan populasi dengan pengadaan program inseminasi buatan, namun banyak sekali permasalahan yang dihadapi saat pengadaan program tersebut antara lain banyaknya ternak yang menunjukan birahi dengan kualitas kurang bagus sehingga gejala birahi pada penampilan vulvanya tidak terlihat jelas dan banyak ternak milik anggota peternak dengan Body Condition Score yang relatif rendah hingga sedang karena terbatasnya ketersediaan hijauan segar saat kemarau panjang. Pengambilan data tugas akhir ini dilaksanakan pada tanggal 18 September – 18 November 2023 di peternakan milik anggota peternak Koperasi Agro Niaga Jabung Syariah (KAN Jabung) tepatnya di wilayah Desa Kemiri, Bendrong dan Gading Kembar. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengetahui korelasi Body Condition Score terhadap nilai birahi pada sapi perah peranakan Friesian Holstein. Parameter yang diamati yaitu 20 ekor sapi perah peranakan Friesian Holstein dengan Body Condition Score yang berbeda dan menilai penampilan vulva (warna, kebengkakan, suhu dan sekresi lendir) saat ternak mengalami birahi. Hasil yang diperoleh dari pengamatan menunjukkan bahwa korelasi Body Condition Score terhadap perubahan warna pada vulva yaitu sebesar 0,70 dengan tingkat hubungan kuat dan memiliki koefisien determinasi sebesar 42EYHgEzWEdjJgYKAu8VjC4DohVYUMbvZ6Ua45MgSaYBTFv3725expKB69YsjM6Utj99E6Sn3LpcxQ4mNrwfrJLM5NGbWiQ sebesar 0,91 dengan tingkat hubungan sangat kuat dan memiliki koefisien determinasi sebesar 82,9%. Selanjutnya Body Condition Score dengan peningkatan suhu memiliki hubungan korelasi sebesar 0,50 dengan tingkat hubungan sedang dan memiliki koefisien determinasi sebesar 25,9%. Korelasi Body Condition Score dengan sekresi lendir yang keluar sebesar 0,77 dengan tingkat hubungan kuat dan memiliki koefisien determinasi sebesar 59,3%. Ternak yang memiliki Body Condition Score rendah maka kualitas birahi yang dihasilkan kurang bagus, dan jika ternak memiliki Body Condition Score sedang maka kualitas birahi yang dihasilkan bagus. Hal ini dikarenakan jika ternak memiliki Body Condition Score rendah, nutrisi pakan yang diterima ternak tidak memenuhi kebutuhan ternak, sehingga terjadinya ketidakseimbangan hormonal yang mengakibatkan kinerja reproduksi tidak bekerja maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut perlunya kesadaran anggota peternak untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pakan agar nutrisi untuk ternak tercukupi dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNurkholis, NurkholisNIDN0003017805
Uncontrolled Keywords: Peranakan Friesian Holstein, BCS, Birahi, Vulva
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 211 - Ilmu Peternakan
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 221 - Sain Veteriner
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Wanda Tita Octaviani
Date Deposited: 10 Jun 2024 01:13
Last Modified: 10 Jun 2024 01:16
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32675

Actions (login required)

View Item View Item