Implementasi Sistem Keamanan Sepeda Motor Berbasis IoT (Internet of Things)

Fitranto, Akbar (2024) Implementasi Sistem Keamanan Sepeda Motor Berbasis IoT (Internet of Things). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (17kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (150kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Skripsi.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan jumlah pengguna kendaraan bermotor di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Peningkatan pengguna sepeda motor mengindikasikan bahwa sepeda motor menjadi kebutuhan dan moda transportasi utama bagi masyarakat. Perkembangan jumlah pengguna sepeda motor juga diikuti dengan tingginya resiko tindakan kejahatan seperti pencurian sepeda motor. Tingginya angka tindak kejahatan pencurian sepeda motor tidak lepas dari minimnya fitur keamanan yang disediakan oleh pihak pabrikan sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem keamanan sepeda motor berbasis IoT dengan memanfaatkan smartphone untuk mengendalikan dan memonitoring sepeda motor secara jarak jauh dan realtime. Sistem yang dirancang penulis mengutamakan sistem yang sederhana, portable, dengan user interface dari aplikasi Blynk yang mudah untuk dioperasikan serta dilengkapi dengan fitur kendali kontak jarak jauh, alarm, dan GPS tracker. Hasil pengujian sistem keamanan sepeda motor berbasis IoT menunjukkan kinerja sistem yang baik. Hasil pengujian kendali relay jarak jauh melalui aplikasi Blynk menunjukkan rata-rata delay respon sistem 0,048 detik dan rata-rata akurasi 100%, sedangkan hasil pengujian kendali relay jarak jauh melalui SMS menunjukkan rata-rata delay respon sistem 2,109 detik dan rata-rata akurasi 100%. Hasil pengujian alarm menunjukkan rata-rata delay respon sistem 2,177 detik dan rata-rata akurasi 100%. Hasil pengujian GPS tracker menunjukkan rata-rata delay respon sistem 3,116 detik dan rata-rata selisih jarak hasil pembacaan sistem dengan google maps sebesar 5,211 meter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBudiprasojo, AzamataufiqNIDN0011088402
Uncontrolled Keywords: Sistem keamanan sepeda motor, kontak jarak jauh, alarm, GPS tracker, IoT.
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 455 - Teknik Kendali (atau Instrumentasi dan Kontrol)
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 780 - Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan > 785 - Pendidikan Teknik Otomotif
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 780 - Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan > 788 - Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir
Depositing User: Akbar Fitranto
Date Deposited: 03 Jun 2024 02:10
Last Modified: 03 Jun 2024 02:11
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32517

Actions (login required)

View Item View Item