Proses Pegemasan Teh Seduh Mutu 3 (Broken Mix CTC) Kemasan 1kg dan Saluran Distribusi di PT Rolas Nusantara Mandiri Unit Teh Celup Wonosari-Malang

Sahari, Sindi Putri (2024) Proses Pegemasan Teh Seduh Mutu 3 (Broken Mix CTC) Kemasan 1kg dan Saluran Distribusi di PT Rolas Nusantara Mandiri Unit Teh Celup Wonosari-Malang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
D41200946 Sindi Putri Sahari - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (150kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
D41200946 Sindi Putri Sahari - Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (172kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
D41200946 Sindi Putri Sahari - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (158kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D41200946 Sindi Putri Sahari - Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan magang adalah salah satu kegiatan pendidikan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa. Kegiatan ini dilakukan untuk menambah wawasan, pengetahuan, serta menjadi bekal untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Kegiatan magang oleh Politeknik Negeri Jember pada Jurusan Manajemen Agribisnis Program Studi Manajemen Agroindustri diselenggarakan pada semester 7 dengan akumulasi waktu tempuh 900 jam. Pelaksanaan kegiatan magang ini diharapkan mahasiswa mampu mengimplementasikan teori dalam bangku kuliah terhadap permasalahan yang ada dalam pekerjaan. PT Rolas Nusantara Mandiri Unit Teh Celup merupakan salah satu perusahaan yang dijadikan sebagai tempat magang yang berlokasi di Dusun Wonosari, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari. PT Rolas Nusantara Mandiri merupakan anak perusahaan dari PT Perkebunan Nusantara XII yaitu bergerak dibidang agroindustri teh dengan pusat perusahaan berada di Kota Surabaya. Pada Unit Teh Celup terdapat kegiatan pengemasan, pemasaran, dan distribusi produk. Berikut merupakan produk yang dihasilkan oleh PT Rolas Nusantara Mandiri Unit Teh Celup diantaranya Teh Celup Original, Teh Celup Melati, Teh Celup Vanila, Teh Hitam Premium,Teh Gajah Kertowono, Teh Hitam Ken Tea, Greentea, dan Teh Kemasan 1Kg dari mutu 1 sampai mutu 3. Pengemasan teh merupakan cara untuk melindungi teh dari kerusakan, menambah nilai jual suatu produk, memudahkan dalam penyimpanan dan pendistribusian produk, serta merupakan salah satu cara untuk mempromosikan produk. Pada proses pengemasan harus dilakukan sesuai dengan alur proses yang ditetapkan agar proses pengemasan berjalan lancar dan menghasilkan produk yang sesuai. Pada proses pengemasan Teh Seduh Mutu 3 Kemasan 1kg hanya menggunakan kemasan plastik PE polos tanpa label informasi produk hal ini perlu dilakukan perbaikan kemasan yang lebih layak agar produk lebih diminati konsumen. Kegiatan distribusi yang ada pada PT Rolas Nusantara Mandiri termasuk pada saluran distribusi langsung merupakan distribusi dari produsen langsung ke konsumen melalui depo dan outlet milik PT Rolas Nusantara Mandiri dan distribusi semi langsung yaitu dari produsen kemudian melalui perantara online shop dan toko oleh-oleh daerah Lawang kemudian diterima konsumen. Saluran distribusi ini bertujuan untuk memperluas jangkauan pasar sehingga lebih mudah dijangkau oleh masyarakat. Kegiatan distribusi juga perlu dilakukan pengecekan stok produk secara berkala agar tidak terjadi keterlambatan dalam proses produksi dan proses pengiriman.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKurniawan, Bagus Putu YudhiaNIDN0002106901
Uncontrolled Keywords: Teh Seduh, Proses Pengemasan, Saluran Distribusi
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Sindi Putri Sahari
Date Deposited: 03 Jun 2024 01:47
Last Modified: 03 Jun 2024 01:48
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32514

Actions (login required)

View Item View Item