Pemeriksaan Dan Perawatan Berkala Independent Brake Valve Pada Lokomotif CC 201 Dan CC 203

Zuhdi, Ahmad Fikrian (2023) Pemeriksaan Dan Perawatan Berkala Independent Brake Valve Pada Lokomotif CC 201 Dan CC 203. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Text (Ringkasan).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (114kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Text (Bab 1 Pendahuluan).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (289kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (118kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Text (Laporan Lengkap).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Magang merupakan kegiatan mahasiswa untuk belajar memperaktikan secara langsung pada perusahaan/ instansi/ industri dan unit bisnis lainnya, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman dan menjadi bekal secara dunia kerja nyata sehingga mengembangkan keterampilan dan keahlian pada diri mahasiswa. Magang Industri ini merupakan kegiatan akademik yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa Politeknik Negeri Jember, khususnya Program Studi Mesin Otomotif Jurusan Teknik. Kegiatan Magang Industri ini dilaksanakan di PT Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 9 Jember selama 5 bulan, mulai tanggal 17 Juli sampai dengan 18 Desember 2023. Dengan pengalaman yang didapat adalah mengetahui dan mempelajari bagaimana perawatan sistem pengereman pneumatik, khususnya perawatan dan pemeriksaan kinerja Independent Brake Valve pada lokomotif CC 201 dan CC 203. Pemeriksaan dan Perawatan Independent Brake Valve pada lokomotif CC 201 dan CC 203 merupakan suatu aktivitas yang diperlukan untuk menjaga atau mempertahankan kualitas sistem pengereman agar tetap dapat berfungsi dengan baik seperti kondisi sebelumnya. Tindakan perawatan dan pemeriksaan pada kinerja Independent Brake Valve ini dilakukan secara rutin. Independent Brake Valve berfungsi untuk menunjang pelayanan pengereman pada lokomotif pada saat beroperasi. Sistem pneumatik yang digunakan pada lokomotif adalah kompresor. Kompresor merupakan alat yang berfungsi untuk menghasilkan udara bertekanan dan mensuplainya ke seluruh bagian sistem angin (pnuematik) atau disimpan ke dalam tangki. Sistem Pengereman Pneumatik merupakan bagian komponen yang terdapat pada sistem angin (pneumatik). Sistem pengereman angin (pneumatik) berfungsi untuk mengatur bagian sistem pengereman, Independent Brake Valve yang berfungsi melakukan pengereman secara manual untuk lokomotifnya sendiri pada vi lokomotif CC 201 dan CC 203. Komponen ini memiliki 2 posisi handle brake valve yaitu posisi release dan posisi full application. Permasalahan yang sering terjadi pada Independent Brake Valve yaitu terjadinya kebocoran pada exhaust atau pembuangan angin. Dan permasalahan yang lainnya yaitu terjadinya kerusakan pada Independent Brake Valve itu sendiri dikarenakan membrane robek dan plunger aus atau lecet. Penyelesaian atau solusi dari permasalahan yang sering terjadi pada Independent Brake Valve yaitu dengan cara menyediakan suku cadang di gudang agar penggantian komponen bisa berjalan dengan lancar dan cepat dan juga solusinya dengan cara memajukan periodik yang awalnya dari P6 menjadi P3. Hal itu harus dilakukan agar bisa mencegah atau meminimalisir Independent Brake Valve mengalami gangguan maupun kerusakan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKarimah, Cahyaning NurNIDN0007109104
Uncontrolled Keywords: PT Kereta Api Indonesia, Pneumatik, Sistem Angin, Independent Brake Valve, Lokomotif CC 201 dan CC 203
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 780 - Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan > 781 - Pendidikan Teknik Mesin
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 780 - Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan > 785 - Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Ahmad Fikrian Zuhdi
Date Deposited: 19 Jun 2024 05:30
Last Modified: 19 Jun 2024 05:33
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32246

Actions (login required)

View Item View Item